oleh

Miris, Lima Bulan Perangkat Desa dan BPD di Musi Rawas Belum Gajian

-Kecamatan, Musi Rawas-1.325 Dibaca

Silampari OnlineĀ 

MUSI RAWAS- Miris, itulah kata-kata yang tepat bagi Perangkat Desa dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) yang ada di Bumi Lan Serasan Sekentenan. Bagaimana tidak hingga masuki bulan Mei tahun ini tak kunjung mendapatkan gaji, karena Alokasi Dana Desa (ADD)) belum disalurkan.

“Ini sudah bulan lima, kami belum kunjung gajian dan saya sudah konfirmasi ke Kepala Desa (Kades), kata kades ADD sudah diajuhkan dan belum cair,” kata RD salah satu Perangkat Desa di Kecamatan Muara Lakitan kepada Silampari Online, Rabu (5/5/2021).

Menurutnya, gaji Perangkat Desa dibayar selama tiga bulan. Namun fakta dilapangan sudah lima bulan gaji tak kunjung disalurkan.

“Sebentar lagi lebaran, seharusnya hak-hak kami diberikan, terlebih lagi waktu penyaluran sudah lewat satu bulan,”terangnya.

Selain penghasilan tetap (Siltap), sambung dia, Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) hanya disalurkan satu bulan, informasinya dana dari APBN [{ sudah lama berada di kas daerah.

“BLT DD baru disalurkan satu bulan, pihak desa belum menyalurkan karena tertahan di KPPN,” ungkapnya.

Senada disampaikan, SO salah satu anggota BPD di Kecamatan Tuah Negeri mempertanyakan apa yang menalatarbelakangi ADD hingga saat ini belum disalurkan. Sebab, dari hasil pengakuan Kades di Desanya pengajuan sudah lama disampaikan.

“Hingga saat ini kami belum mendapatkan tunjangan kami sebagai anggota BPD karena ADD belum dicairkan. Padahal, kami sangat butuh dana tersebut terutama menyambut lebaran untuk membeli kebutuhan perayaan lebaran. Kami mencurigai seperti ada kesengajaan dan pembiaran,”cetus SO.

Terpisah, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Musi Rawas (Mura), Ahmadi Zulkarnain menyampaikan, dalam waktu dekat Siltap perangkat dan BLT DD disalurkan.

“Sabar saja, sekarang sudah tahap di BPKAD, artinya dalam waktu dekat disalurkan,”pungkasnya. (Kris)