oleh

Mokas Sangat Cocok Digunakan ke Kebun di Musirawas

Silampari Online,

Musi Rawas – Menyusuri sejumlah ruas jalan di Kecamatan Megang Sakti , mungkin Anda akan di perlihatkan adanya motor-motor bekas (Mokas) yang dijejer rapi.  Beruntung, kali ini Silampari Online memiliki kesempatan untuk mampir untuk sekedar ngobrol kesana kemari dengan salah satu pelaku bisnis jual beli motor bekas.

Gofur (40), salah satu orang yang memiliki usaha jual beli motor dikawasan Megang Sakti Kabupaten Musi Rawas, saat di temui silampari Online selasa (5/1) dan berbincang soal jenis usaha yang satu ini. Usaha jual beli mokas ini sudah ia jalani sejak lama.

Dirinya mengaku sudah sejak puluhan tahun menggeluti usaha jual beli motor bekas. Dia menjalankan usaha ini hanya perlu keterampilan nego, ahli dalam jual dan beli semata, tapi paling kurang harus juga mengerti tentang kualitas mesin, tentang onderdil beserta kisaran harga pasarannya.

Pengetahuan dasar atas kualitas mesin juga diperlukan. Hal ini tentu saja terkait dengan harga beli dan jual yang akan ditetapkan nantinya. Harus tanggap pula terhadap perkembangan harga pasaran, agar bisa melakukan transaksi dengan pas.

Untuk Sistem pemasaran sendiri mereka menggunakan jaringan, yakni rekan-rekan dengan usaha sejenis. semacam berkoalisi dengan rekan-rekan seprofesi. “Jaringan ini membuat perputaran barang lebih cepat,” ujarnya.

Meski saat ini usaha mereka bersaing dengan shoroom motor yang menjual motor baru dengan tawaran kredit mudah dan DP murah dirinya tetap optimis pasar mokas masih menjanjikan.

Untuk saat ini dirinya mengaku permintaan mokas masih bagus, dalam satu bulan ia dapat menjual hingga puluhan unit kendaraan, jenis yang paling diminati type bebek dan matic.
Untuk harga motor sendiri tergantung jenis type dan tahun kendaraan mulai dari harga 3,5 juta konsumen sudah dapat memiliki kendaraan.

Sunarto (49), salah seorang konsumen mengaku memilih membeli mokas karena kebutuhan untuk ke kebun. “Kalo beli motor baru kan sayang dibawa ke kebun, mokas inilah yang cocok kalo dipake ke kebun,” ucapnya. (Musyanto)