MTQ ke-XIII tingkat Kabupaten Empat Lawang Resmi Digelar

BERGILIR : Penyerahan piala bergilir MTQ tingkat Kabupaten Empat Lawang, Rabu (4/3). Foto : Istimewa.

SILAMPARI ONLINE, EMPAT LAWANG – Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-XIII/2020 tingkat Kabupaten Empat Lawang digelar di lapangan Kantor Camat Sikap Dalam, Rabu (4/3).

“Kegiatan ini sangat penting dan sakral, MTQ kali ini harus lebih baik dan bisa melahirkan qori qoriah yang nanti bisa bertanding di tingkat regional bahkan nasional,” kata Bupati Empat Lawang, H Joncik Muhammad.

Muat Lebih

Putra-putri asli Empat Lawang, kaya dia sudah ada yang juara MTQ tingkat Internasional dan sekarang harus diwujudkan kembali. Untuk kafilah yang bertanding, agar jangan ambil peserta dari luar, ambil dari daerah masing-masing.

“Yang dipilih nanti akan bertanding di tingkat provinsi di Kota Prabumulih. Juga akan diberikan beasiswa sampai perguruan tinggi. Kami sudah MoU dengan Unsri, UGM dan UIN Palembang. Kalau bisa kita kirimkan ke Universitas Al Azhar di Kairo,” ucapnya.

Sementara, Kabag Kesra Setda Empat Lawang, Khaironi selaku ketua pelaksana mengatakan, pelaksanaan MTQ digelar selama tiga hari mulai dari 4-6 Maret 2020.

Tema yang dusung yakni tingkatkan gemar membaca alquran merajut kebaikan, kedamaian dan kebersamaan dalam mewujudkan Empat Lawang MADANI.

“Tujuan MTQ ini untuk membentuk qori dan qoriah yang handal dan berkompetensi di bidang seni baca Al-Quran tingkat regional dan nasional,” katanya.

Pesertanya lanjut dia, dari 10 kecamatan dengan jumlah 300 orang ditambah 10 offisial, 10 pelatih dan 10 pendamping. Dewan hakim terdiri dari 2 orang LPTQ Lahat, 1 orang LPTQ Pagaralam dan 21 LPTQ Empat Lawang.

“Ada 6 cabang yang dilombakan, Tartil Al-Quran, Tilawah, Hifzhil, Fahmil, Syarhil, Khathil,” tandasnya. (frz)