Munculnya Figur AH Murtin di Pilkada Mura 2020, Begini Komentar Pengamat Kondang MLM

SILAMPARI ONLINE,

MUSI RAWAS-Pasca pengembalian berkas pencalonan Bupati Musi Rawas AH Murtin ke Sekretariat DPC Partai Demokrat Musi Rawas, berlokasi di Jalan Poros Tugu Mulyo Desa F Trikoyo, Kecamatan Tugu Mulyo, mendapat sambutan positif berbagai pihak, tak terkecuali pengamat kondang MLM, Eka Rahman.

Eka Rahman mengatakan, munculnya figur Ahmad Murtin, pada satu sisi menggambarkan dinamika politik Pilkada Musi Rawas yang dinamis dan liquid. Dalam arti, pada last minute pun masih muncul figur baru yang mungkin berkontestasi -meski figur beliau bukan baru, namun dalam konteks pilkada Mura 2020 baru terkonfirmasi.

“Jika pertanyaannya apakah kemunculan figur Ahmad Murtin (AM) menggoyang peta politik petahana? Tentu belum bisa di katakan memiliki signifikansi langsung dengan peta politik petahana, karena tahapan pencalonan AM harus memastikan dahulu apakah dia lolos sebagai bakal calon bupati yang di dukung oleh minimal 20% kursi parpol atau tidak? Jika lolos dan mendapat dukungan parpol, baru kita bisa berbicara apakah kemunculan AM mengubah peta kekuatan para bakal calon dalam pilkada Musi Rawas 2020,” kata Eka sapaan Eka Rahman.


Sebaliknya, jika tidak berhasil mendapatkan dukungan mininal 20% kursi parpol, maka kemunculan figur AM hanyalah bagian dari dinamika politik lokal musi rawas menjelang pilkada 2020. Apalagi, kemunculan AM terkait pendaftaran yang bersangkutan dalam penjaringan bakal cabup Partai Demokrat juga harus ditunggu proses lebih lanjut. Jikapun benar didukung PD sebagai bacabup, maka PD harus mencari mitra koalisi parpol lain.

“Karena perolehan suara PD pada pemilu 2019, tidak mencukupi minimal 8 kursi DPRD Mura. Tahapan ini yang harus dilewati dahulu, sebelum kita menganalisis apakah kehadiran figur AM merubah peta dan konstalasi politik,” tuturnya. (Agus)

Tinggalkan Balasan