Mura Tercepat di Sumsel Pencairan Dana Desa

Disampaikan Langsung Mekeu RI Sri Mulyani

SILAMPARI ONLINE,

Bacaan Lainnya

PALEMBANG-Kabupaten Musi Rawas (Mura) menjadi yang terdepan dan tercepat dalam hal pencairan Dana Desa (DD) di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel). Hal ini disampaikan langsung Menteri Keuangan (Menkeu) RI, Sri Mulyani dalam Rapat Kerja (Raker) Percepatan Penyaluran dan Pengelolaan Dana Desa tahun 2020 di Dining Hall Komplek Jakabaring Sport City (JSC) Palembang, Jumat (28/2).

Di hadapan ribuan peserta Raker yang juga dihadiri Menteri Dalam negeri (Mendagri) RITito Karnavian, Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar, Gubernur Sumsel Herman Deru dan beberapa pejabat negara lainnya itu, Menkeu Sri Mulyani memaparkan hasil monitoring penyaluran Dana Desa tahun 2020.

Saat menyampaikan hasil monitoring untuk Propinsi Sumsel, Menkeu Sri Mullyani dengan latar belakang layar besar terkait dana-data realisasi pencaran Dana Desa se-Indonesia menyebutkan bahwasanya di Sumsel Kabupaten Mura merupakan kabupaten tercepat yang mencairkan Dana Desa.
“25 desa di Kabupaten Mura Provinsi Sumsel sudah disalurkan Dana Desa Tahun 2020 Tahap I senilai Rp 10,4 Milyar,” kata Menkeu RI Sri Mulyani.
Hal tersebut tentunya menjadi contoh bagi kabupaten lain agar pencaiaran Dana Desa bisa direalisasikan dengan cepat sehingga bisa cepat termanfaatkan.

Sementara Mendagri Tito Karnavian memberikan apresiasi kepada Kabupaten Mura karena menjadi yang tercepat dalam mencaiarkan Dana Desa 2020. Namun di balik itu mantan Kapolri itu khawatir dengan desa-desa di kabupaten lainnya di Sumsel yang belum bergerak.
“Saya prihatin di Sumsel baru 25 desa di Musi Rawas yang cair,” kata Mendagri seraya meminta kabupaten lainnya di Sumsel untuk bisa mencontoh Musi Rawas.

Bupati Mura H Hendra Gunawan yang menghadiri langsung Raker Percepatan Penyaluran dan Pengelolaan Dana Desa tahun 2020 kemarin mengaku cukup senang dengan pencapaian tersebut. Terlebih Menkeu RI Sri Mulyani langsung menyampaikan bahwasanya Kabupaten Mura menjadi yang tercepat di Propinsi Sumsel dalam pencairan Dana Desa tahun 2020 khususnya Tahap I.
“Insha Allah dengan semangat AK5 (Ayo Kerja, Kerja, Kerja, Kerja dan Kerja) kita akan terus maksimal memberikan pelayanan terbaik khususnya kepada pemerintahan desa sehingga bisa lancar dan cepat dalam proses pencaiaran Dana Desa,” tegas Bupati H Hendra Gunawan.

Bupati juga menyampaikan berbagai upaya yang telah dilakukan selama ini cukup bermanfaat. Salah satunya program AKRAB DESA (Aksi Rabu Bina Desa) yang telah dilakukan selama ini telah banyak membawa kemajuan desa desa di Mura. Yang pasti setelah 25 desa yang sudah mencaiarkan Dana Desa Tahap I tahun 2020, desa-desa selanjutnya telah menunggu dan siap melakukan pencaiaran yang sama sehingga kegiatan dan program di desa-desa bisa berjalan.
“Kita akan beri penghargaan bagi 25 desa tersebut (yang sudah pencairan Dana Desa Tahap I),” katanya. (pnc)