Musim Kemarau, Harga Cabai Merah Turun

SILAMPARI ONLINE

EMPAT LAWANG – Harga cabai merah di Pasar Pulo Mass Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang, turun cukup signifikan. Jika sebelumnya masih dikisaran Rp65 ribu – Rp70 ribu per kilogram, kini dikisaran Rp50 ribu per kilogramnya.

Salah seorang pedagang cabai menyebut, turunnya harga cabai merah tersebut karena pasokan dari petani ke para pedagang di pasaran melimpah, meski cuaca saat ini sedang musim kemarau.

“Banjir cabai hari ini, karena banyak petani yang antar angsung kepada kami,” kata Fatimah, pedagang pasar kepada wartawan, Rabu (11/9).

Namun dikatakannya, meski harga cabai saat ini turun, tetap tidak bisa dipastikan akan tetap stabil, karena mengingat musim kemarau saat ini pasti kedepannya cabai akan terjadi kelangkaan.  “Dari sekian harga itu (50 ribu, red), tidak bisa akan diharapkan selalu turun. Sebab pemesan cabai merah ini setiap harinya selalu banyak para konsumen yang pesan. Jadi dikala mungkin harinya tentu bisa naik lagi,” ujarnya.

Sementara itu sambungnya, untuk harga Cabai Rawit ijo masih ditetap angka harga normal. “Kalau harga cabai rawit Rp50 ribu per kilo, masih tetap stabil, dan harga itu belum mengalami naik atau turunnya” tukasnya. Terpisah itu, Lian seorang pebgusaha Rumah Makan mengakui adanya penurunan harga cabai merah di pasaran. “Sekitar diminggu-minggu belakangan ini saya beli masih di harga Rp70 ribu perkilo, namun hari ini saya sempat kaget bisa turun menjadi Rp50 ribu perkilonya,” ucapnya. (HS-05)