Satu Untuk Semua

Nenek Dikurung Dalam Kandang Kecil

Silampari Online,

MURATARA- Nona Manis (90), wanita tua rentah dan sudah tidak memiliki ingatan yang kuat (pikun), ditemukan hidup di dalam kandang selama 5 Tahun yang agak terpencil dibawah pohon.

Kondisi tersebut, membuat keberadaan nenek yang sudah lanjut usia tersebut harus mengakhir sisa-sisa usianya yang sudah tua dengan cara terkekang bagaikan dalam sel tahanan.

Anak dari adik nenek tersebut, Japarin (68) menceritakan bahwa pihak keluarga terpaksa melakukan pengurungan pada nenek Nona Manis lantara takut hilang.

“Nona Manis ini masih keluarga kami. Dia adalah ayuk dari ibu (uwak) saya. Dia terpaksa dikurung lantaran takut hilang,” katanya, Rabu (29/8).

Diceritakanya, kondisi nenek Nona Manis suda lemah ingatan dan sangat pelupa, merupakan alasan pihak keluarga terpaksa mengurung nenek Nona Manis.

“Sebelum dikurung pernah hilang tidak ingat jalan pulang. Tidak usah jauh-jauh berjalan sejauh 100 meter dia sudah tidak ingat pulang,” jelasnya.

Ditegaskanya, nenek Nona Manis tidak ada kelainan jiwa (Gila-red), tetapi dirinya hanya lupa, tidak senang dengan keramaian dan selalu ingin berpergian. “Agar aman makanya dikurung oleh keluarga. Sebab jika dibiarkan di rumah dirinya akan keluar saat ditinggal bepergian kerja,” bebernya.

Sementara itu, Pj Kades Sungai Jernih Kecamatan Rupit, David Haryadi membenarkan ada warganya yang dikurung dalam ponduk yang agak terpencil. Namun hal itu dilakukan oleh pihak keluarga lantara pernah kejadian hilang saat dilepaskan keluarga.

“Nenek itu mengidap penyakit pikun sehingga diperlakukan yang seperti saat ini. Tetapi nenek tersebut tidak ada mengalami gangguan jiwa,” tukasnya. (HS-04)

Komentar
Loading...