oleh

Nikmati Sensasi Es Kembang Tahu

-Kuliner-354 Dibaca

Silampari OnlineĀ 

MUSI RAWAS- Ada begitu banyak makanan tradisional yang keberadaannya mulai tergerus akibat arus modernisasi. Seperti contoh yang keberadaannya mulai tergerus adalah es kembang tahu.

Es kembang tahu adalah makanan tradisional yang terdiri dari kembang tahu yang kemudian dituangkan kuah atau cairan jahe kemudian diberi tambahan es batu.

Salah satu penjual Es Kembang Tahu yang berlokasi di Jalan Simpang F Kecamatan Tugumulyo, Kang Alung menceritakan dirinya berjualan menggunakan gerobak, setiap hari mangkal dilokasi tersebut mulai dari Pukul 09.30-17.00 Wib.

Dikatakannya, untuk satu porsi es kembang tahu dibanderol dengan harga Rp5.000. Dimana, untuk pembuatannya tidak terlalu sulit dan tidak terlalu lama seperti proses pembuatan tahu utuh.

Kemudian, bahan-bahan yang perlu disiapkan antara lain kacang kedelai, air dan sekam. Selanjutnya, untuk kuah atau cairan campurannya memerlukan bahan-bahan seperti gula merah, gula pasir, daun pandan, air, dan jahe. Untuk kuahnya sendiri dibuat dengan proses yang bisa dibilang sama seperti pembuatan wedang jahe.

Selain itu, rasa yang didapat dari makanan ini adalah rasa hangat ketika menyeruput kuahnya karena ada campuran jahe dan gula merah. Kemudian ada juga tekstur lembut yang didapat dari kembang tahu dan sensasi dingin dari es batu yang juga tercampur jadi satu.

“Jika tidak suka menggunakan es, baik karena alergi dingin atau sedang sakit, kembang tahu juga bisa dinikmati hangat-hangat,”ucapnya.

Terlepas dari itu, makanan ini sangat cocok dijadikan camilan ketika sore hari pada saat cuaca panas dan butuh penyegar. Sebab, dengan khasiat yang dimiliki oleh makanan ini akan sangat disayangkan apabila cemilan yang enak dan unik seperti es kembang tahu ini harus tergerus dengan keberadaan makanan modern yang bisa dibilang tidak terlalu menyehatkan. (Mg01-Krs)