Nodong di Empat Lawang, Ketangkap di Lampung

Silampari Online,

EMPAT LAWANG – Salah seorang tersangka pencurian dengan kekerasan (Curas) terhadap sopir mobil carteran asal Lampung, di Tempat Kejadian Perkara (TKP) Talang Gober, Desa Lingge Kecamatan Pendopo Barat, Kabupaten Empat Lawang, 6 Desember 2017 lalu, berhasil ditangkap, Minggu (18/2).  Tersangka diketahui bernama Edi Kurniawan (25), warga Pekon Ringin Jaya Kecamatan Bandar Negeri Suoh, Kabupaten Lampung Barat, Provinsi Lampung. Dia ditangkap di rumahnya oleh anggota Unit Reskrim Polsek Pendopo, diback-up anggota Tim Elang Polres Empat Lawang sekitar pukul 21.30 WIB. 

Muat Lebih

Kapolres Empat Lawang, AKBP Agus Setyawan melalui Kasat Reskrim, AKP Robi Sugara dalam keterangan mengatakan, tersangka merupakan target operasi (TO) dalam Operasi Sikat Musi 2018. Dengan tertangkapnya satu orang tersangka ini, ada dua orang lagi yang masuk dalam daftar pencarian orang (DPO). 

Diceritakannya, kejadian perampokan ini berawal saat para pelaku datang ke rumah korban, Heri Candra di Desa Pajar Bulan Kecamatan Waitenung, Kabupaten Lampung Barat, Provinsi Lampung, untuk merental/carter mobil korban dan minta diantar ke Pendopo Kabupaten Empat Lawang.

Selanjutnya korban bersama Istri berangkat mengantar para pelaku dari provinsi Lampung menuju Kabupaten Empat Lawang, sesuai daerah tujuan pelaku. Namun saat tiba di TKP, salah seorang pelaku, IS (masih buron) minta diberhentikan mobil dengan alasan mau buang air kecil.

Setelah turun dari mobil, pelaku SI membuka pintu bagian sebelah sopir dan mengancam korban dengan pisau agar mobil dipinggirkan. Pada saat bersamaan pelaku IS langsung mencekik leher korban dan memaksa korban dan Istri turun dari mobil.

Pada saat turun dari mobil tersebut, istri korban berusahan melarikan diri, namun dapat di tangkap oleh pelaku HN (masih buron). Lalu korban dan istrinya diikat di pohon kopi dan kemudian para pelaku melarikan diri dengan membawa mobil milik korban ke arah Bengkulu.

Selanjutnya korban membebaskan diri dan juga langsung membebaskan istrinya dari lilitan tali. Korban minta tolong pada masyarakat sekitar dan melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Pendopo. 

“Dari laporan inilah kemudian Unit Reskrim Polsek Pendopo diback-up Tim Buser Elang Sat Reskrim Polres Empat Lawang melakukan penyelidikan dan terus berkomunikasi dengan Korban,” ungkap Robi, Senin (19/2).

Kemudian lanjut Robi, hari Minggu kemarin sekitar pukul 8.00 WIB, didapat Informasi keberadaan tersangka Edi Kurniawan. Lalu sekitar pukul 09.00 WIB, anggota Reskrim Polsek Pendopo bersama Tim Buser Elang Polres Empat Lawang, bergerak cepat berangkat menuju ke Lampung Barat untuk melakukan penangkapan. “Setelah diintai bersama informan, dapat dipastikan pelaku sedang berada di rumahnya. Kemudian sekitar pukul 21.30 WIB malam, langsung di lakukan Penggerbakan dan Penangkapan,” ceritanya.

Setelah berhasil ditangkap, Robi menguraikan tersangka ini langsung diintrogasi dan dia mengakui jika memang benar telah melakukan curas bersama tiga orang temanya berinisial IS, SI dan HN. “Tersangka Edi dapat ditangkap tanpa perlawanan. Selanjutnya tersangka Edi dibawa ke Polsek Pendopo untuk dilakukan pengembangan dan penyidikan lebih lanjut,” tegasnya. (HS-04)