Normalisasi Sungai Seguring Telah 1 Km

Silampari Online

EMPAT LAWANG – Normalisasi aliran Sungai Seguring di Kabupaten Empat Lawang, sedang berlangsung. Malah sudah mencapai lebih dari 1 Kilometer (Km).

Muat Lebih

Kepala Desa Terusan Baru, Kecamatan Tebing Tinggi, Alek Deka Saputra mengatakan bahwa pelaksanaan normalisasi sungai di desanya merupakan proyek Pemerintah Daerah (Pemda) Empat Lawang.

“Kalau saya tinjau kemarin, sudah ada sekitar sekilo meter yang sudah dikeruk. Targetnya 4 kilo meter aliran Sungai Seguring dinormalisasi,” jelas Alek saat dibincangi wartawan, Selasa (19/11).

Menurut Alek, penormalisasi aliran Sungai Seguring, memang dari dulu diharapkan warganya. Hal ini karena selama ini terjadi pendangkalan pada aliran Sungai Seguring. “Itulah salah satu penyebab banjir di sejumlah wilayah di desa kita saat musim hujan,” jelas kades.

Selain menjadi penyebab banjir, pendangkalan sungai juga menjadi penyebab terjadinya abrasi. Sejumlah lahan persawahan terkikis aliran sungai seguring saat sungai pasang. “Kita berharap setelah ada normalisasi, banjir dan abrasi dapa dihindari,” haraphya.

Meski sebagian besar masyarakatnya mengharapakan adanya normalisasi, pihaknya masih menjumpai sejumlah masyarakatnya yang menolak adanya kegiatan normalisasi aliran Sungai Seguring.

“Setelah kita lakukan pendekatan, Alhamdulillah mereka ini berangsur mengerti,” ucap dia.(HS-05)