Oknum Kades Diduga Konsumsi Sabu

<small> <div style="text-align:right;">FOTO : KRISMANTO/HARIAN SILAMPARI</div></small> <strong>INTROGASI : </strong> Saat Kades Kembang Tanjung Kecamatan BTS Ulu, Lukman Nawi (34) sedang diintrogasi oleh penyidik Res Narkoba Polres Mura setelah diciduk menghisap sabu, kamis (17/1).

Silampari Online,

MUSI RAWAS– Perbuatan tidak patut untuk dicontoh dilakukan oleh LN (34) Kepala Desa (Kades) Kembang Tanjung Kecamatan BTS Ulu. Bagaimana tidak, sebagai seorang Kades memberikan tauladan bagi warga malah meresahkan masyarakat setelah diringkus tengah asyik mengisap sabu-sabu oleh Satuan Narkoba Polres Mura, Rabu (16/1) malam sekitar Pukul 18.30 Wib. 

Muat Lebih

Kapolres Kabupaten Mura AKBP Suhendro melalui Kasat Narkoba Iptu Suryadi membenarkan tertangkapnya Lukman Nawi yang merupakan sebagai Kades Kembang Tanjung. Dimana, penangkapan pelaku berdasarkan hasil laporan warga setempat mengetahui bersangkutan hendak pesta narkoba.

“Memang benar, semalam petugas kita mendapatkan informasi dari warga bahwa tersangka berada dirumah tengah menggunakan narkoba dan petugas langsung bergerak mendatangi kediaman dan mengamankan pelaku,”jelas Suryadi kepada Harian Silampari, Kamis (17/1) diruang kerjanya.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, bahwa ketika ditangkap tersangka tidak melakukan perlawanan. Bahkan, dalam penggeledahan dari dalam kamar ditemukan barang bukti (BB) sebanyak 2 paket klip berisi sisa sabu seberat 1,49 gram dan alat isap sederhana bong terbuat cangkir air mineral.

“Penangkapan pelaku kita lakukan sehabis magrib. Begitupun, selanjutnya pelaku dan BB langsung kita gelandang Mapolres dan lakukan penyidikan,”terangnya.

Menurutnya, dari hasil introgasi pelaku mengakui semua perbuatannya dan mengkonsumsi sabu dan mendapatkan sabu dengan membeli dari seorang pengedar asal Kabupatn Musi Rawas Utara (Muratara).

“Sampai sejauh ini kita telah menetapkan pelaku sebagai tersangka. Bahkan, setelah dilakukan pemeriksaan urine bersangkutan positif menggunakan narkoba,”bebernya.

Selain itu, petugas juga tengah melakukan pengejaran terhadap pengedar yang memasok barang haram tersebut kepada Kades yang namanya sudah dikantongi identitasnya. Namun, untuk tersangka sudah ditahan ke sel tahanan Mapolres Mura.

“Guna mempertanggung jawabkan perbuatannya maka tersangka kita kenakan Undang-Undang (UU) Narkotika Nomor 35 tahun 2009,  pasal 112 dan 117 memiliki, menyimpan dan mengkonsumsi narkoba jenis sabu-sabu dengan ancaman hukuman 4 sampai 12 tahun kurungan penjara,”ungkapnya.

Sementara itu, Camat BTS Ulu Kabupaten Mura, Maidi Iman membenarkan penangkapan terhadap oknum Kades Kembang Tanjung yang diduga karena menggunakan narkoba oleh petugas Res Narkoba Polres Mura. Bahkan, sepengetahuan ia bahwa sebelumnya tersangka juga pernah dilakukan penggerbakan namun tidak ditahan karena tidak ada BB.

“Kalau secara pemerintahan Kades ini memang baik. Akan tetapi, secara kepribadian orangnya tertutup dan selalu curiga terhadap orang lain,”tutur Maidi.

Hanya saja, untuk mengantisipasi kekosongan roda pemerintahan di tingkat Desa. Maka secepatnya akan ditunjuk Pelaksana Harian (Plh) untuk memberikan pelayanan terhadap masyarakat Desa setempat.

“Untuk sementara kita tunjuk Plh terlebih dahulu. Namun, bila sudah ada keputusan inkrah maka diproses Penjabat (Pj) Kades. Mengingat, untuk masa jabatan Lukman Nawi ini habis hingga 2020 mendatang,” pungkasnya. (HS-03)