Oktureni : ASN Semi Netral di Pilkada Mura 2020

ASN dan Bawaslu Teken Mou Netralitas Pada Pilkada Mura 2020

SILAMPARI ONLINE,

Bacaan Lainnya

MUSI RAWAS-Talk Show Sosialisasi Netralitas Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Lingkungan Pemkab Musi Rawas dan penandatanganan MoU Netralitas PNS pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Mura 2020, berlangsung lancar. Bertempat di Hotel Dewinda Kota Lubuklinggau, Kamis (23/7/2020).

Hadir Bupati Mura diwakili Asisten I Heryanto, Kapolres Mura Efranedi, Komisioner Bawaslu Mura Oktureni Candra Kirana, Khoirul, perwakilan dandim, pejabat di lingkungan Pemkab Musi Rawas.

Ketua Bawaslu Mura Oktureni Candra Kirana dalam laporanya menyampaikan, tujuan diselenggarakan acara sosialisasi agar pelaksanaan Pilkada Mura 2020 berlangsung sukses, aman dan damai. Tentunya, netralitas PNS.


“Kalau TNI-Polri, sudah jelas netral. Untuk PNS ini, semi netral karena memiliki hak suara pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati 2020,” kata Oktareni.

Lanjut dia, pihaknya akan mengawasi ASN setiap kegiatan, apakah benar benar netral atau tidak. Untuk pengawasan, sambung dia, jajaran Bawaslu menempatkan petugasnya setiap TPS satu, satu desa satu pengawas.
“Bila ada temuan, laporan ke Bawaslu akan ditindaklanjuti,” ujarnya.


Prosesnya kata dia, laporan atau temuan Bawaslu Mura akan dilakukan kajian, apakah layak diregister atau tidak. Jika layak, akan dilanjutkan klarifikasi pelapor dan terlapor, lalu dilakukan kajian yang matang lalu diteruska ke KASN. Sebab KASN yang berwenang, apakah diberikan sanksi atau tidak.
“KASN yang memutuskan, disanksi atau direhabilitasi,” tegasnya.

Sementara Asisten 1 Setda Mura Heryanto mengatakan, proses pilkada puncak demokrasi. Jika tidak bagus, artinya tidak siap dalam menyelenggarakan Pilkada 2020. ” Mengahpus praktik uang, terjerumus politik uang. Pilkada aman dan damai, kita tidak ada alasan tidak berpasipatif aktif menjaga netralitas pada Pilkada Mura 2020,” pungkasnya. (Jainal/Silampari Online)