Operator Salah, Kades Bermasalah

Silampari Online

PRABUMULIH – Aplikasi sistem keuangan desa (Siskeudes) penting sekali dipahami perangkat desa, agar pengelolaan dana desa (DD) baik. Tidak hanya, proses penggunaannya tetapi juga pelaporannya.
Staff Ahli Bidang Pemerintahan dan Politik, Drs Mulyadi Musa MSi menerangkan, pelatihan Siskeudes ini harus diikuti dengan baik oleh perangkat desa. Karena, sangat penting dalam pelaporan pertanggung jawaban dalam pengelolaan DD.
“Operator salah, kades bermasalah. Kalau kades sudah bermasalah, panjang urusannya. Bisa terjerat hukum, berupa pidana. Apalagi, pengelolaan DD sangat rawan penyimpangan dan berurusan dengan hukum,” pesan Mantan Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) ketika membuka kegiatan tersebut di Aula Hotel Gran Nikita, kemarin (1/8).
Mulyadi mengingatkan, agar tidak berurusan atau terjerat hukum. Gunakan DD dengan sebaiknya, dan laporkan DD dengan sebaiknya.
“Tertib administrasi terlebih dahulu, pertama kali diperiksa jika ada penyimpangan. Baik, penerimaan, pengeluaran, pertanggung jawaban harus tertib. Termasuk pembelanjaan,” akunya.
Sebutnya, jangan belanja diluar rancangan anggaran biaya (RAB). Ia mencontohkan, beli lemari anggarannya Rp 1 juta untuk 1 lemari. Ternyata, pas dibeli harganya Rp 500 ribu.
“Sisanya harus disetor balik dan jangan di salahgunakan. Jika tidak mau susah bertahun-tahun, karena terjerat hukum,” tukasnya.
Sambungnya, dalam pengelolaan DD. Akunya, jalan kerja sama dengan Badan Permusyaratan Desa (BPD), sehingga dikelola dengan baik, aman, dan nyaman.
“Harus kompak dalam pengelolaan DD, agar pembangunan dan peningkatan kesejahteraan berjalan dengan baik. Dan, pengelolaan dan penggunaan DD tepat sasaran,” tambahnya.
Ketua Forum Kepala Desa (FKD), Asmedi Cik Adam mengatakan, lewat pelatihan Siskeudes ini diharapkan bisa meningkatkan pengelolaan DD. Tidak hanya, penggunaannya tetapi juga dalam hal pelaporannya.
“Setiap desa mengirimkan tiga wakilnya, untuk mengikuti pelatihan Siskeudes selama 2 hari ke depan. Ilmu yang diperoleh nantinya, setidaknya benar-benar bermanfaat dan berguna,” tukas Kades Tanjung Menang, Kecamatan Prabumulih Selatan.
Lanjutnya, pelatihan Siskeudes ini menghindari kesalahan administrasi pelaporan pengelolaan DD. Sehingga, kades dan perangkat desa tidak terjerat hukum.

Bacaan Lainnya

“Memang sangat rawan, karenanya perlu pelatihan. Agar tertib administrasi dan menghindari kesalahan,” pungkasnya. (03)