oleh

Pabrik Mesin Sawit Mini Perdana Diresmikan

Silampari Online,

Bertempat di Desa Lubuk Tua Kecamatan Muara Kelingi, Senin (7/12) Bupati Kabupaten Musi Rawas (Mura) meresmikan pabrik mesin sawit mini perdana Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) PT Mura Sempurna Perseroda Kerjasama Operasional (KSO) H Ujud.

 

Sehingga, dengan diresmikannya pabrik ini maka disamping membantu masyarakat menjual hasil sawit serta membantu pengentasan pengangguran dan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Hadir dalam peresmian tersebut Bupati Kabupaten Mura, H Hendra Gunawan, Direktur Utama (Dirut) PT Mura Sempurna Perseroda, H Andrianto, Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Mura, Adi Winata, Kepala DPMPTSP Kabupaten Mura, Yudi Fachriansyah, Plt Kepala DLH Mura, Tedy Laszuardy, Camat Muara Kelingi, Pirdaus, Camat Muara Lakitan, Ali Syahbana, Kades Lubuk Tua, Arapik serta masyarakat.

Dirut PT Mura Sempurna Perseroda, H Andrianto mengatakan bahwa, peresmian pabrik sawit mini perdana ini merupakan solusi untuk menjual hasil panen sawit yang ada di Desa untuk kepemilikan 100 hektar lahan sawit masyarakat di Desa.

Dikatakannya, jika selama ini masyarakat yang memiliki buah sawit menjual ke pabrik dengan harus mengeluarkan cost tambahan biaya angkut. Maka, dengan adanya pabrik ini warga bisa menjualnya tanpa biaya tambahan tersebut.

Bahkan, semua bahan baku buah sawit ini diolah mulai dari buah untuk dijadikan minyak, cangkang hingga abunya diolah semua baik pakan ternak, pupuk maupun sabun.

Selain itu, dalam manajemen pengelolaan pabrik ini juga melibatkan atau menyerap tenaga kerja warga lokal sekitar pabrik. Sehingga, disamping memang kehadiran pabrik ini membantu dalam proses pemasaran dan menghasilkan PAD. Maka tentunya mengurangi angka pengangguran.

Terlepas dari itu, kedepan apa yang menjadi tugas diberikan oleh Bupati dengan hadirnya BUMD ini akan dilaksanakan sebaik mungkin apa khususnya dalam meningkatkan PAD Mura juga tentunya untuk kesejahteraan masyarakat.

Sementara itu, Bupati Kabupaten Mura, H Hendra Gunawan memberikan apresiasi atas diresmikannya pabrik sawit mini ini. Sebab, ia meyakini dibawah kepemimpinan Dirut H Andrianto maka pabrik ini akan salah satu cara untuk mensejahterakan masyarakat dan memberikan kontribusi untuk pembangunan daerah.

“Saya bangga dan berterima kasih karena amanah dan kepercayaan yang telah diberikan diemban dengan baik,”tutur Hendra.

Terlepas dari itu, kelapa sawit merupakan komoditi yang bisa diolah dengan berbagai macam produk tidak hanya minyak, namun juga sabun, pupuk dan sabun. Tentunya, ini menjadi hilirisasi dan penghasil produk primer serta memberikan pendapatan terbesar bagi masyarakat. (Kris)