Pacu Prestasi Atlet Disabilitas, Dodi Reza Kukuhkan Pengurus NPC Muba

Silampari Online,
MUSI BANYUASIN- Kepedulian Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex Noerdin terhadap penyandang disabilitas di Kabupaten Muba terus digencarkan. Betapa tidak, orang nomor wahid di bumi Serasan Sekate ini juga menjadikan pemberdayaan penyandang disabilitas sebagai salah satu misi dirinya mengemban amanah jabatan Bupati Musi Banyuasin.
Kali ini, pemberdayaan penyandang disabilitas tersebut di implementasikan oleh Pembina dan Penggerak Olahraga Terbaik se-Indonesia itu dengan membentuk dan sekaligus mengukuhkan wadah atlet disabilitas National Paralympic Commite (NPC) Kabupaten Musi Banyuasin.
“Dengan terbentuknya dan dikukuhkan NPC Muba pembinaan atlet disabilitas akan terus dimaksimalkan dan prestasi atlet disabilitas minimal bisa sejajar dengan capaian prestasi atlet non disabilitas Muba yang diraih selama ini,” ujar Dodi di sela Pelantikan Pengurus NPC Muba di Griya Serasan Sekate, Kamis (17/1/2019).
Dikatakan Dodi, NPC merupakan bagian resmi dari olahraga. “Saya inginkan setelah dilantik ini, NPC ada rencana kerja atau program, perlu pembinaan seperti apakah, penambahan atlet kah, Saya minta meski sudah berpisah dengan KONI tapi tetap eksistensinya terjaga, dari situ bisa kelihatan rencana kerja untuk kembangkan atlet-atlet disabilitas kita termasuk event baru nanti dianggarkan,” tegasnya.
Pada kesempatan tersebut Dilantik sebagai Ketua NPCI Kabupaten Muba adalah Yulianto, dan Ketua PPDI Muba Dewi Harni AMd untuk masa bakti 2017-2022.
Ketua NPCI Provinsi Sumsel yang juga atlet Bulutangkis Rian Yohwari menyambut baik pelantikan tersebut sebagai bentuk sosialisasi olahraga penyandang disabilitas.
“Di tahun ini ada Peparov kedua, kita harapkan Kabupaten Muba ikut serta dalam Peparov ini,” ucap Rian.

Sementara itu, Tenaga Ahli Kedeputian V Kantor Staf Presiden (KSP), Sunarman Sukamto mengapresiasi Bupati Musi Banyuasin (Muba) Dodi Reza Alex yang peduli terhadap penyandang disabilitas dengan respon cepat melantik kepangurusan National Paralympic Commite (NPC) dan Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) sebagai wadah organisasi disabilitas.

Muat Lebih

“Pertama saya ikut bangga dan bersyukur atas pelantikan pengurus NPC dan PPDI Kabupaten Muba. Terimakasih dan salam hormat untuk Bupati Muba Dodi Reza Alex beserta segenap jajarannya sudah menguatkan kelembagaan disabilitas di Muba.”Ungkap Sunarman, Kamis (17/1).

Dikatanya, dengan dilantikanya kepengurusan tersebut, semoga kedepan ada komunikasi, koordinasi dan sinergi antara pemerintah Kabupaten Muba dan organisasi disabilitas di Muba sehingga upaya bersama dalam rangka penghormatan, Perlindungan dan Pemenuhan Hak-Hak Penyandang Disabilitas di Muba makin progresif ke depan.

Stigma dan diskriminasi makin berkurang. Aksesibilitas disegala sektor diwujudkan. Partisipasi dan kesetaraan hak makin nyata dirasakan oleh penyandang disabilitas dalam kehidupan sehari-hari, baik itu pendidikan, kesehatan, ekonomi, sosial, politik, dan sebagainya.

“Selamat bekerja untuk segenap pengurus NPC dan PPDI Kabupaten Muba. Harus semangat, kompak dan kuat dalam berorganisasi dan berjejaring. Salam inklusi untuk semua “imbuhnya. (KHS-02/rls)