PAN Terbanyak Perolehan Kursi

TEKS FOTO : TANDATANGAN : Salah seorang saksi partai menandatangani berita acara rapat pleno terbuka penetapan kursi parpol dan calon terpilih DPRD Empat Lawang Pemilu 2019 di aula Hotel Kito Tebing Tinggi, Sabtu (10/8/2019). Foto : Fahrurozi/HS.

SILAMPARI ONLINE

EMPAT LAWANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Empat Lawang, menetapkan 35 calon terpilih anggota DPRD Empat Lawang. Penetapan tersebut dilaksanakan dalam rapat pleno terbuka penetapan kursi partai politik dan calon terpilih DPRD Empat Lawang Pemilu 2019 di aula Hotel Kito Tebing Tinggi, Sabtu (10/8/2019).

Dalam penetapan tersebut, Partai Amanat Nasional (PAN) berhak memperoleh kursi terbanyak di DPRD Empat Lawang priode 2019-2024, dengan perolehan 7 kursi. Kemudian disusul PDIP sebanyak 6 kursi dan Golkar 4 kursi. Selanjutanya Gerindra, Nasdem dan Perindo masing-masing 3 kursi, PKB dan Hanura masing-masing 2 kursi dan PKS bersama PPP masing-masing 1 kursi.

Ketua KPU Kabupaten Empat Lawang, Ali Amin dalam sambutannya saat membuka rapat pleno terbuka tersebut mengatakan, tahapan pemilu di Kabupaten Empat Lawang telah melalui proses cukup panjang, kurang lebih setahun dari awal tahapan hingga akhir tahapan. “Syukur Alhamdulillah, pada hari ini KPU Kabupaten Empat Lawang telah melewati tahapan-tahapan tersebut,” ungkap Ali.

Lebih lanjut dikatakannya, KPU kabupaten/kota yang tidak melewati tahapan PHPU sudah melaksanakan penetapan hasil Pemilu mereka. “Kabupaten Empat Lawang memang baru dilaksanakan pada saat ini dikarenakan kita masih menunggu hasil putusan sidang di MKRI,” katanya.

Sesuai dengan aturan dan perundang-undangan yang berlaku, lanjut dia, selambat-lambatnya lima hari setelah putusan MK diterima, KPU segera melakukan pleno terbuka penetapan caleg terpilih bersama Bawaslu dan saksi parpol. “Tentu dengan catatan, parpol yang memperoleh kursi itu sudah menyerahkan laporan dana kampanye dan caleg terpilih sudah melaporkan harta kekayaan yang dimiliki sebagai dasar nanti dapat dilantik nanti pada tanggal 26 Agustus,” paparnya.

Sementara itu, Komisioner divisi Tekhnis Pelaksanaan, Abu Yamin menjelaskan, dalam pleno penetapan perolehan suara Parpol dan penetapan calon anggota DPRD Empat Lawang terpilih priode 2019-2024, yang dilaksanakan ini, KPU Kabupaten Empat Lawang tidak mengundang caleg terpilih. Pihaknya mengundang parpol politik untuk mengutus saksinya. “Jadi perlu kami jelaskan, kami mengundang saksi parpol bukan caleg terpilihnya. Karena caleg terpilihnya baru akan ditetapkan hari ini,” terangnya. (05)