Pancake Durian Abang Ais Jadi Oleh-oleh Anggota DPR RI

SILAMPARI ONLINE,

Bacaan Lainnya

LUBUKLINGGAU-Masyarakat luar daerah yang berkunjung ke Kota Lubuklinggau merasa belum sempurna bila tidak menyantap cemilan (makanan) ringan khas Bumi Silampari yang berbahan durian ala Abang Ais. Sebab aromanya lezat dan nikmat luar biasa asli alami buah durian dan tanpa bahan pengawet. Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Durian Abang Ais dibawah binaan Bank SumselBabel Cabang Lubuklinggau ini memiliki berbagai produk cemilan, salah satunya pancake Durian Abang Ais.

Owner UMKM Durian Abang Ais, Andik didampingi Eryn kepada Silampari Online menceritakan, pihaknya memproduksi Durian menjadi cemilan, pada Januari 2020 hingga sekarang. Mulanya, dari hobi keluarga mengkonsumsi durian dan terlebih ada kebun durian di Lubuklinggau Selatan. Singkat cerita, berkat dukungan keluarga khususnya ayahanda tercinta Imam Senen, mengolah durian dalam bentuk yang lebih praktis dapat dimakan kapanpun yaitu berupa durian kupas, daging durian, lempok durian. Selanjutnya, mencoba produk baru yaitu pancake durian Abang Ais.

“Alhamdulillah, kita coba-coba jualan lewat online, ternyata netizen banyak yang minat dan order,” ucap Andik.

Meski pandemi covid 19, sambung dia, pemesanan pancake Durian Abang Ais, durian kupas, daging durian melalui media sosial terus bertambah banyak.
Bahkan sumber daya manusia (SDM) yang dimiliki kwalahan melayani pesanan. Sebab, cemilan yang diproduksi secara sederhana karena mengutamakan kualitas produk tanpa bahan pengawet, serta ruangan UMKM masih kecil. “Satu hari, kita produksi lebih kurang 300 box. Lalu disimpan di kulkas pendingin selanjutnya dikirim ke konsumen,” tuturnya.

Produk Durian Abang Ais ini bisa dikirim ke Jakarta hingga Yogyakarta, sebab cemilannya dibekukan dalam kulkas pendingin. Saat pendistribusian, kata dia, petugas akan mengemas pesanan dan tahan sampai 3 hari, baru durian yang beku sedikit meleleh. “Pemesan luar daerah sangat banyak. Baik di dalam maupun diluar kota , kita gunakan sistem reseller, kami jarang menjual produk ini secara langsung bertatap muka,” jelasnya.

Diakuinya, berkat dukungan penuh Walikota Lubuklinggau H SN Prana Putra Sohe, produk Durian Abang Ais semakin membahana dilingkungan para petinggi pemerintah, mulai DPR RI hingga DPRD Kota Lubuklinggau bahkan DPRD Provinsi Sumsel. Mereka setiap berkunjung ke Kota Lubuklinggau, selalu mampir di UMKM Durian Abang Ais untuk membeli sebagai oleh-oleh khas Lubuklinggau. “Kami mengucapkan terimakasih atas dukungan pak Walikota Lubuklinggau yang peduli pada UMKM, “ ungkapnya.

Sementara anggota DPR RI Fauzih Amro bersama, Walikota Lubuklinggau H SN Prana Putra Sohe, Direktur Bank Sumselbabel Achmad Syamsudin, Wakil Bupati Muratara H Devi Suhartoni, Pinca BSB Lubuklinggau Amrul Muslimin, dan pejabat lainnya ke UMKM Durian Abang Ais, mengatakan, pihaknya memberikan apresiasi pada UMKM Durian Abang Ais yang kreatif memproduksi buah durian menjadi produk khas Kota Lubuklinggau. “Rasanya mantap dan enak,” ucap politisi Partai Nasdem ini. (jainal)