Panel Surya Lampu Jalan Dicuri

HILANG : Salah satu unit lampu jalan yang hilang panel suryanya karena diduga dicuri, Selasa (15/10). Foto : Istimewa.

SILAMPARI ONLINE, EMPAT LAWANG – Sejumlah panel surya lampu jalan di Kecamatan Muara Pinang dan Kecamatan Pendopo Kabupaten Empat Lawang, hilang diduga dicuri orang.

Salah seorang warga di Kecamatan Muara Pinang, Junaidi mengatakan, banyak panel surya yang terpasang di dua kecamatan itu, kini sudah hilang. Padahal lampu jalan tersebut baru terpasang pada 2018 lalu.

Muat Lebih

“Pengamatan saya, di Desa Landur itu ada dua unit yang hilang panel suryanya. Kemudian di Desa Sukadana itu yang hilang sebanyak lima unit,” urai Junaidi kepada wartawan, Selasa (15/10/2019).

Kemungkinan lanjut dia, hilangnya panel surya lampu jalan di dua kecamatan itu jika didata, bisa mencapai puluhan unit dan ini tentu saja, kata dia, sangat disesalkan. “Sebab, adanya lampu jalan tentu sangat membantu masyarakat. Namun, dengan hilangnya panel suryanya lampu jalan itu jadi tidak berfungsi,” imbuhnya.

Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman (Dinas Perkim), H Ismail Hakim melalui Kabid Perkim, Anzar Ibrahim mengatakan, hilangnya sejumlah panel surya lampu jalan tersebut tentu saja sangat disesalkan pihaknya. Padahal, tujuan dari pemasangan lampu jalan bertenaga matahari tersebut, agar jalanan umum menjadi terang yang tentu saja banyak manfaatnya bagi masyarakat banyak.

“Mestinya masyarakat di sana menjaga, karena manfaat dipasangnya lampu jalan itu untuk masyarakat sana juga. Ya kita sangat menyesalkan ini,” ungkap Anzar.

Dia mengaku akan segera melaporkan prihal hilangnya panel surya pada lampu jalan itu ke atasannya, untuk selanjutnya minta pengarahan tindak lanjut ke depan, untuk mencegah jangan sampai yang belum hilang justru juga hilang kedepannya.

“Bisa saja ini akan kita laporkan ke polisi, untuk menyelidiki para pelaku pencurian. Tapi itu nanti, saya akan laporkan dulu ke atasan, nanti terserah beliau tindakan apa yang diambil, jika memang harus lapor polisi, tentu akan kita lakukan,” tukasnya. (HS-05)

Penulis : Fahrurozi
Editor : …
Redaktur : Agus Hubya Handoyo