Partisipasi Pemilih Anggota BPD Capai 100 persen

SILAMPARI ONLINE

MUSI RAWAS– Proses Pengisian Pemilihan anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) di dua desa di Kecamatan Muara Beliti yakni Desa Durian Remuk dan Manah Resmi pemilihan berjalan dengan lancar dan aman
“Proses pemilihan langsung anggota BPD di dua Desa ini telah dilaksanakan dengan metode Musyawarah Perwakilan yang berjalan dengan lancar dan aman,”jelas Camat Muara Beliti, Badarrudin melalui Kepala Seksi (Kasi) Pemerintahan Kecamatan Muara Beliti, Arief Candra, usai meninjau proses pemilihan anggoa BPD di Kantor Desa Durian Remuk, Minggu (10/11/2019).

Muat Lebih

Lebih lanjut dirinya menjelaskan bahwa, antusiasme dalam memilih wakil masyarakat di BPD ini sangat tinggi dimana khusus untuk Desa Durian Remuk tingkat partisipasi pemilih mencapai 100 persen, sementara untuk desa Mana Resmi mencapai 96 persen.
“Pemilih perwakilan di Desa Durian Remuk berjumlah 121 pemilih yang seluruhnya menggunakan hak pilihnya. Sedangkan, untuk Desa Mana Resmi dari 77 pemilih hanya 5 orang tang tidak menggunakan hak pilihnya,”terangnya.

Menurutnya, dari hasil pemilihan langsung ini telah didapatkan nama-nama anggota BPD yang meraih suara terbanyak. Dimana, untuk Desa Durian Remuk dengan kapasitas 7 kursi BPD yang dibagi atas 2 kursi keterwakilan perempuan dan 5 keterwakilan Dusun.
“Untuk Desa Mana Resmi sebanyak 5 kursi dengan komposisi 1 keterwakilan perempuan dan 4 keterwakilan Dusun,”bebernya.
Selain itu, khusus di Kecamatan Muara Beliti saat ini masih menyisakan 2 Desa yang masih dalam proses pemilihan BPD yakni Desa Muara Beliti Baru dan Desa Suro. Dimana, kedua Desa ini dimungkinkan akan segera dilaksanakan pada minggu ke 3 November ini.

“Insyaallah di akhir November ini seluruh Desa di Kecamatan Muara Beliti telah melaksanakan pemilihan BPD yang proses pemilihan BPD ini diatur dalam peraturan Bupati Musi Rawas Nomor 85 Tahun 2018 tentang petunjuk pengisian dan pemberhentian anggota BPD,”pungkasnya.

Laporan : Krismanto
Editor : Agus Hubya H