Pasar Ini Rusak Sebelum Difungsikan

RUSAK: Tampak kondisi lantai los pasar AC Beliti terlihat rusak kendati pasar tersebut belum dioperasikan.

Silampari Online,

MUSI RAWAS– Sejumlah bangunan los di Pasar Induk Komplek Agropolitan Center Muara Beliti Kabupaten Musi Rawas (Mura) mengalami kerusakan. Mirisnya pasar tersebut terjadi kendati belum dioperasikan. Pantauan koran ini dilapangan lokasi kerusakan sejumlah los di pasar induk AC Beliti terdapat dibagian lantai. Dimana keramik mengelembung dan hancur dari bawah. Sehingga, membuat kondisi lantai bangunan rusak.

“Kita tidak tahu kapan secara pastinya kerusakan los pasar AC Beliti. Namun, tentunya sebagai masyarakat kami bertanya-tanya mengingat pasar tersebut belum dioperasikan,”kata Maliki (35) salah satu warga Muara Beliti Baru kepada Harian Silampari, Rabu (14/2).

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Kadisperindag) Kabupaten Mura, H Nito Maphilindo melalui Sekretaris, H Ahmad Novanto menjelaskan, kerusakan yang terjadi pada bangunan los pasar induk Komplek AC tersebut dikarenakan ada penurunan tanah. Sehingga, pondasi bangunan diatas ikut turun dan mengerus bangunan tersebut. Namun, untuk pembangunan pasar tersebut dilaksanakan Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya dan Tata Ruang (DPUCK-TR). “Saat ini bangunan tersebut telah diserahkan ke Disperindagsar untuk segera dilakukan pemanfaatan. Namun, untuk pelaksanaan rehab menunggu setelah pasar dioperasikan sehingga pemanfaatannya lebih maksimal,”jelas Ahmad.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, untuk pemanfaatannya dari awal sudah bisa difungsikan. Akan tetapi, karena terkendala pedagang yang ingin menempati pasar tersebut dikarenakan jumlah pedagang yang masih minim sebab lokasi pasar berjarak jauh dari transaksi jual beli.  “Kita fungsikan dan lakukan pemanfaatan yang maksimal terhadap pasar tersebut jangan sampai tidak dipergunakan. Apalagi kehadiran pasar tersebut untuk mengerakkan ekonomi masyarakat di kawasan AC Beliti,” ucapnya. (HS-02)