Pasar Senen Desa Petrans Jaya Mulai Menggeliat

Ratusan pedagang tampak menggelar dagangannya dan ribuan masyarakat juga antusias melihat, memilih dan membeli dagangan di Pasar Senen yang baru diresmikan

Dibangun dari semangat keswadayaan dan gotongroyong

SILAMPARI ONLINE

MUSIRAWAS – Desa Petrans Jaya Kecamatan Muara Kelingi, Senin (09/09/2019) tampak beda dari hari biasanya. Ratusan pedagang tampak menggelar dagangannya dan ribuan masyarakat juga antusias melihat, memilih dan membeli dagangan di Pasar Senen yang baru diresmikan.

Lahan yang disulap oleh Pemerintah desa Petrans Jaya menjadi pusat perekonomian warga desa ini dan sekitarnya, menjadi magnet tersendiri. Betapa tidak, setelah menunggu cukup lama akhirnya desa inipun memiliki pasar tradisional sendiri. Salah satu warga, Wartini mengaku senang dengan keberadaan pasar Senen ini, karena sangat membantu dirinya dan masyarakat lainnya untuk memenuhi kebutuhan keluarga.

“Alhamdulilah kami telah memiliki pasar sendiri.. senang rasanya mas, tak perlu jauh-jauh belanja,”ungkap Wartini sembari menunjukan hasil belanjaannya. Pasar Senen yang terletak di Dusun 01 Desa Petrans Jaya ini memang baru dibuka operasionalnya oleh Pemdes Petran Jaya yang dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Petrans Makmur dan secara resmi dibuka Camat Muara Kelingi Firdaus, S.Sos, Senin (09/09/2019) pagi.

Peresmian Pasar Senen ini ditandai dengan Pemotongan Pita dan pemotongan tumpeng oleh Camat Muara Kelingi Firdaus, S.Sos, Kades, BPD dan Tokoh Masyarakat Desa Petrans Jaya. “Kita berharap, pasar senen ini menjadi embrio pasar pagi di Desa Petrans Jaya bisa bermanfaat bagi masyarakat dan membangkitkan ekonomi kerakyatan. Disamping itu, akan tercipta kesejahteraan keluarga dan yang lebih utama, menyatukan hubungan sosial antar desa,”ujar Camat Firdaus dalam sambutanya.

Pada kesempatan itu juga, Camat Muara Kelingi didampingi Ketua TP PKK Kecamatan Muara Kelingi Irnawati, S.Pd,  memberikan apresiasi atas program kerja Pemdes Petrans Jaya khususnya dibidang peningkatan perekonomian masyarakat dan penyediaan fasilitas pendukungnya. “Insyaallah saya akan menghadap Pak Bupati  untuk mengajukan peningkatan Pasar Senen Desa Petrans Jaya sehingga dapat menjari pasar yang permanen dan modern,”pungkas Firdaus

Diketahui, kondisi pasar yang baru diresmikan ini masih sangat minim fasilitas. Seperti, bangunan masih terbuat dari kayu dengan lantai sebagian masih tanah liat. Jika hujan dipastikan pasar ini akan mempersulit baik pedagang maupun pembeli untuk betransaksi. Kepala Desa Petrans Jaya, Maulana Malik Sofyana S.IP pada kesempatan itu mengucapkan syukur atas telah beroperasikannya pasar Senen ini, dirinya berharap Pasar ini dapat dimanfaatkan bagi masyarakat dalam menjalankan dan meningkatkan perekonomian masyarakat.

Diungkapkan Kades Maulana, berdirinya pasar Senin karena kebutuhan desa dan aspirasi masyarakat, sehingga kami bertekat untuk mendirikan pasar ini dengan keswadayaan dan gotong royong dari Masyarakat. “Kami berharap, melalui Pak Camat untuk menyampaikan kepada Pak Bupati agar Pasar ini dapat ditingkatkan secara permanen dan modern sehingga masyarakat dapat lebih nyaman dan pasar lebih maji lahi,”harap Maulanan sembari melanjutkan kepada para pedagang dan pembeli agar tetap menjaga kebersihan dan ketertiban.

Pengurus Bumdes, M.Jasman pada kesempatan itu mengatakan peresmian pasar senin ini menjadi titik awal bagi kemajuan masyarakat Desa Petrans Jaya. “Pada pembukaan perdana pasar ini, kami siapkan hadiah doorprize untuk pengunjung, pedagang, dan pembeli denhan total doorprize jutaan rupiah. Dan Bumdes berharap ke depan,  partisipasi pedagang dan masyarakat semakin baik.”pungkas Jasman sembari mengimformasikan bahwa Pasar Senen ini akan buka setiap hari Senin.(Kominfo Musi Rawas)