PDAM Tirta Bukit Sulap Lubuklinggau Mengeruk Lumpur di Intake

Satu unit alat berat eskavator diturunkan pihak PDAM Tirta Bukit Sulap Lubuklinggau melakukan pengerukan lumpur yang mengendap didalam intake, Selasa (12/8/2019).

LUBUKLINGGAU – Satu unit alat berat eskavator diturunkan pihak PDAM Tirta Bukit Sulap Lubuklinggau melakukan pengerukan lumpur yang mengendap didalam intake. “Karena pendangkalan, ini kan lumpur. Sekarang sudah bersih. Berarti air semua dalam bak (intake) itu,” kata Direketur PDAM Tirta Bukit Sulap Lubuklinggau, Hj Ratna Mahmud melalui Kepala Teknik, Hadi Purwanto. Pengerukan oleh pihaknya dilaksanakan satu hari mulai Selasa (13/8) pukul 08.00 WIB hingga dengan selesai pukul 16.30 WIB. “Kurang lebih 30 kubik lumpur kita angkut. Lumpur itu masuk kalau ketika bandang. Kita kan ada pintu tangkapan,”ucapnya.

Kemudian, melalui pintu tangkapan tersebut lumpur masuk dan pada saat  penumpukan itu tersedot. “Kalau manual pengerukannya bisa tiga empat hari baru selesai. Ini alhamdulillah hanya satu hari kita bersihkan lumpur didalam,”tambahnya. Hadi menambahkan, intake berfungsi sebagai penampung air baku dari sungai kelingi. Lalu disedot oleh pompa dan dikirim ke bak pengolahan. Lantas dari bak pengolahan masuk ke reserpoar atau penampungan. “Karena gravitasi, penampungan ini harus level tinggi. Baru kita distribusikan ke pelanggan,” ungkapnya. 

Muat Lebih

Usai selesai pengerukan, pihaknya langsung menghidupkan pompa. “Tinggal mengisi resepoar, diolah level tinggi, nanti malam distribusikan. Pompa tidak kerja tadi, satu hari pompa mati,” pungkasnya.(HS-01)