oleh

Pedagang Pasrah Saat Ditertibkan

Silampari Online

BATURAJA TIMUR – Pedagang Kaki Lima (PKL) di Pasar Atas dan Pasar Baru akan ditertibkan dalam waktu dekat. Para pedagang mengaku sudah menerima pengumuman rencana penertiban ini. Baik melalui surat edaran maupun secara lisan dari petugas pasar.
“Secara lisan kami (pedagang) sudah dikasih tahu. Secara tertulis, imbauan ditempel di tempat umum,” ujar salah satu pedagang pecah belah di Pasar Atas, kemarin (24/5). Penertiban tersebut, jelas pedagang ini, juga diperuntukkan pedagang kios yang berjualan di trotoar jalan.
“Seperti barang dagangan saya ini harus dirapikan. Tidak boleh melewati atau menggunakan trotoar untuk menempatkan barang dagangan,” jelasnya.
Imbauan tersebut akan dipatuhinya. Apalagi selama ini, baik dari PD Pasar maupun dari Pemerintah Kabupaten OKU, sudah banyak memberikan kelonggaran. “Contoh saat Ramadan lalu, kami masih bisa jualan di jalan. Tidak ada salahnya mengikuti aturan pemerintah kali ini,” tandasnya.
Kepala Unit Pasar Atas Emi Susanti mengatakan, pihaknya sudah mendata para PKL yang menggelar lapak di tepi jalan umum. “Hasilnya sekitar 50 pedagang yang berjualan di tepi jalan,” terang Emi.
Penertiban pedagang ini bukan untuk mengusir pedagang. Namun, untuk dipindahkan ke lapak di lantai dua pasar atas. “(Pedagang) yang ada lapak diarahkan untuk berjualan ke lapaknya. Yang tak punya lapak, tempat berjualan sudah disiapkan,” sambung Emi.
Jumlah lapak di lantai dua sekitar 102 lapak. 48 lapak sudah ada yang punya dan sekitar 54 lapak yang disiapkan untuk menampung PKL. “Insya Allah masih cukup menampung PKL yang belum punya lapak,” tegasnya.
Rencananya, penertiban PKL dilangsungkan 29 Mei mendatang. Namun, proses pra penertiban sudah dilakukan sejak beberapa hari terakhir. “Imbauan lisan maupun edaran sudah dua kali dilayangkan supaya para pedagang bisa mempersiapkan diri,” tandasnya.
Kasatpol PP Agus Salim melalui Kabid Trantib Sofyan membenarkan rencana penertiban PKL tersebut. Namun, kata Sofyan, penertiban tidak dilakukan secara mendadak.
“Diupayakan pedagang naik sendiri ke pindah berjualan ke lapak. Kalau ada yang minta dibantu, kami siap membantu memindahkan barang para pedagang,” tandas Sofyan. (stf)

Tentang Penulis: admin

Gambar Gravatar
Harian Silampari merupakan nama daerah di Bumi Silampari yang memiliki tiga wilayah satu kota dan dua kabupaten di provinsi Sumsel