oleh

Pejabat esselon II, III dan IV Ikuti Uji Kompetensi 

-Tak Berkategori-207 Dibaca

Silampari Online,

REJANG LEBONG – Pejabat eselon II, III dan IV yang bertugas di 15 organisasi perangkat daerah (OPD) 5 badan, staf ahli dan asisten Setdakab Rejang Lebong (RL) mengikuti uji kempetansi Termasuk beberapa pejabat fungsional minggu (1/4) di SMPN 1 RL pukul 08.30 WIB – 12.00 WIB

Sekretaris daerah (Sekda) RL, Ra Denni SH MM usai memantau pelaksanaan Uji Kompetensi, kepada wartawan menyampaikan Uji kompetensi yang kedua ini iyalah tindak lanjut uji kompetensi yang pertama digelar November 2017 lalu dan juga untuk mengukur akademis dan manajerial pejabat esselon II,III dan IV serta Staf Fungsional dalam menjalankan tugasnya.

Menurut dia, sekitar 669 pejabat esselon II, III, IV dan staf fungsional mengikuti uji kompetensi. Memang ada sebagian kecil yang izin karena sakit dan pejabat dinyatanya tim penguji dari UNIB dengan predikat dapat dipertimbangkan dan tidak dipertimbangkan dalam Job Fit yang dilaksanakan November 2017 lalu. 

“Kini, kita berikan kesempatan untuk mengikuti uji kompetensi ke-2 yang dilaksanakan hari ini. Khusus pejabat eselon II akan mengikuti tes wawancara. Makanya, khusus eselon II uji kompetensi ini dilaksanakan 2 hari. Yakni, 1-2 April 2018,” terang Deni didampingi Kepala BKD Rejang Lebong, Khirdes L Pasju.

Dijelaskan Sekda, Uji kompetensi ini sebagai tolak ukur akademis dan manajerial kemudian akan nilai juga Track rekord dari pejabat tersebut dalam menduduki jabatan serta kemampuan leadership terhadap bawahannya

“Sebagai tolak ukur kemampuan sesuai tupoksi pejabat esselon II, III dan IV tersebut, bagaimana pejabat tersebut dapat menjalankan tugasnya dengan baik jika tak memahami tupoksi dan tugasnya dan hal itu diimbangi dengan kemampuan akademis dan manajerial sebagi seorang asn yang menduduki jabatan,” papar Ra Denni.

Sementara itu, Tim penguji uji Kompetensi Prof Dr Kamaludin menggatakan, tim penguji diberikan kewenangan penuh untuk melakukan penilaian secara objektif tanpa ada campur tangan pihak pemerintah daerah terhadap penilaian yang dilakukan sesuai dengan kemampuan akademis dan manajerial. Pemda RL, menurut dia, tidak ikut campur dan tidak akan mengintervensi tim penguji. Bagi pejabat eselon II, III dan IV yang kembali dinyatakan tidak dapat dipertimbangkan maka akan kita evaluasi. 

“Tapi, kita tetap menyerahkan sepenuhnya keputusannya kepada pak Bupati. Kalau memang harus dieleminasi, maka, untuk jabatan eselon II akan kita bentuk tim Pansel untuk melakukan penyeleksiannya. Sedangkan eselon III dan IV tidak perlu diseleksi Pansel,” papar Sekda.

Uji kompetensi ini lanjut Sekda bertujuan untuk mengetahui kemampuan intlektual indiviual pejabat dalam melaksanakan pekerjaan. Baik kemampuan akademis maupun kemampuan manajerialnya.Diakui Sekda, dari 669 pejabat eselon II, III dan IV yang mengikuti uji kompetensi ini ada pejabat yang tidak ikut karena sakit.

“Sedangkan Pejabat yang tidak ikut karena sakit akan kita ikutkan dalam uji kompetensi berikutnya. Tapi, untuk pejabat yang tidak hadir tanpa keterangan tidak akan kita pertimbangkan lagi,” tukasnya. (HS-05)

Tentang Penulis: admin

Gambar Gravatar
Harian Silampari merupakan nama daerah di Bumi Silampari yang memiliki tiga wilayah satu kota dan dua kabupaten di provinsi Sumsel