iklan
Satu Untuk Semua

Pelaksanaan Takbir Keliling di Mura, Ini Rutenya

# IDUL FITRI 1439 H

Silampari Online,

MUSI RAWAS- Sudah menjadi agenda rutinitas setiap tahunnya dalam menyemarakan perayaan hari raya idul fitri 1439 H, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Musi Rawas (Mura) telah menjadwalkan untuk pelaksanaan takbiran keliling. Hal ini disampaikan, Kepala Bagian (Kabag) Kesejahteraan Masyarakat (Kesra) Setda Mura M Yusran Amri, kepada Harian Silampari, Rabu (13/6).

Dijelaskannya, untuk rute yang akan dilalui dalam kegiatan takbir keliling juga sudah ditetapkan. Dimana, rute pelaksanaan takbir yakni dimulai di Rumah Dinas (Rumdin) Bupati Mura di Kota Lubuklinggau, kemudian lanjut ke Kecamatan Selangit, lewat Kecamatan STL Ulu Terawas, Sumber Harta Tugumulyo dan finish di Masjid Agung Darussalam Muara Beliti.

“Ini sudah menjadi agenda rutinitas setiap tahunnya dan rutenya juga sudah ditetapkan. Dimana, kegiatan ini bertujuan untuk menyemarrakan dalam penyambutan Hari Raya Idul Fitri 1439 H,” jelasnya.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, kegiatan takbir tersebut juga juga rencananya akan dipimpin langsung oleh Bupati Mura H Hendra Gunawan dan diikuti seluruh jajajaran Pemkab Mura. “Kegiatan ini juga akan melibatkan unsur elemen masyarakat umum, pondok pesantren dan jugfa organisasi masyarakat (Ormas),” terangnya.

Menurutnya, untuk pelaksanaan shalat idul fitri akan dipusatkan di Masjid Agung Darussalam Muara Beliti. Sebab masjid tersebut adalah masjid kebangaan dan simbol kereligiusan Kabupaten berselogan Bumi Lan Serasan Sekantenan.
Sementara itu, Kapolres Kabupaten Mura, AKBP Bayu Dewantoro menjelaskan, pihaknya akan melakukan pengawalan dengan mengerahkan personil. “Takbir keliling ini merupakan agenda rutin tahunan. Dimana, dalam pelaksanaannya kami akan berikan pengawalan saat takbir keliling,” tutur Bayu.

Selain itu, takbir keliling ini merupakan kegiatan Pemerintah Kabupaten Mura. Sehingga, tentunya kegiatan tersebut akan didukung agar berjalan sukses dan berjalan sebagaimana yang diharapkan. “Berapapun personil yang dibutuhkan akan kami kerahkan. Namun, untuk teknisnya seperti rute dan pengamanan akan dibahas Kabag Ops dengan pihak Pemkab Mura,” paparnya.

Terlepas dari itu, untuk takbir keliling ini akan dilangsungkan satu komando yakni dari Pemkab Mura. Sedangkan, untuk Polres sifatnya memback up dalam pengamanannya saja. “Intinya kami siap menyukseskan takbir keliling apakah dilaksanakan setiap Kecamatan atau bagaimana teknisnya kami akan berikan pengamanan agar dapat berjalan tertib dan lancar,” pungkasnya. (HS-03)

Komentar
Loading...