Pelanggaran Tidak Fatal, Polantas Empat Lawang Hanya Beri Teguran

OPERASI : Sejumlah personel polisi sàat melaksanakan Operasi Patuh 2019 di Jalan lintas tengah Sumatera (Jalintengsum) Tebing Tinggi, Kamis (5/9/2019). Foto : Istimewa.

SILAMPARI ONLINE

EMPAT LAWANG – Pengendara di Kabupaten Empat Lawang, baik roda dua maupun roda empat, banyak yang mendapat teguran akibat tidak patuh pada peraturan saat berlalu lintas.

Kapolres Empat lawang, AKBP Eko Yudi Karyanto melalui Kasat Lantas Polres Empat Lawang Iptu M Yusuf Lubis mengatakan, pada saat pihaknya menggelar razia dalam rangka Operasi Patuh Musi 2019 yang digelar sejak 29 Agustus lalu, sudah puluhan pengendara yang pihaknya tegur. Bahkan diantaranya tepaksa dilakukan penilangan akibat pelanggaran yang terjadi.

“Operasi Patuh Musi 2019 ini kita laksanakan sejak 29 Agustus lalu dan akan berakhir 11 September mendatang. Pada hari pertama saja, kita sudah menilang lima pengendara dan memberikan teguran 10 pengendara,” ungkap M Yusup kepada wartawan, Kamis (5/9/2019).

Selanjutnya kata M Yusup, dihari kedua ada 10 pengEndara yang ditilang dan 10 lagi di beri teguran. “Dihari ketiga kita menilang 8 pengendara dan 10 teguruan dan dihari keempat juga kita menilang 10 pengendara dan 10 teguran, serta dihari kelima ada 5 tilang dan 17 teguran,” paparnya.

Pihaknya kata M Yusup Lubis, tidak terlalu keras melakukan penilangan. Dia sendiri sudah memberikan arahan kepada anak buahnya di lapangan untuk tidak melakukan penilangan kepada para pengendara jika pelanggaran tidak terlalu fatal. “Pengendara yang pelanggarannya tidak terlalu fatal itu masih kita maklumi, misalnya pengendara roda empat yang tidak makai sabuk pengaman itu kita beri teguran dan pengendara motor yang melebihi kecepatan yang telah ditentukan itu juga kita beri teguran,” jelas dia.

Namun apabila pengandara tidak menggunakan Helm SNI, tidak membawa surat dan masih dibawah umur pasti akan ditilang. “Kalau pengendara anak-anak, kita panggil orang tuanya dan diberi sosialisasi agar peristiwa itu tidak lagi terulang,” sebutnya.

Masih dikatakan Lubis, dengan digelarnya Operasi Patuh Musi 2019 ini, pihaknya berharap agar masyarakat khususnya di Empat lawang lebih mematuhi peraturan dan mengutamakan keselamatan dalam berkendara. “Kami imbau masyarakat, agar melengkapi surat menyurat kendaraannya dan jangan lupa ketika berkendara agar mematuhi aturan dan rambu rambu lalu lintas yang ada,” sampainya. (HS-05)