Pelantikan dan Pengambilan Sumpah TP3TS Sukses

<small> <div style="text-align:right;">FOTO : AAN/HARIAN SILAMPARI</div></small> Kepala Kantor Pertanahan Lubuklinggau Agustin Samosir saat melantik 3 TP3TS di Aula Kantor, Senin (14/1).

Silampari Online,

SESUAI dengan tatacara Standar Operasional Prosedur (SOP), Senin (14/1) pukul 11.00 WiB Kantor Pertanahan Lubuklinggau melaksanakan pelantikan dan pengambilan sumpah Tim Pelaksana Percepatan Pendaftaran Tanah Sistematik (TP3TS) tahun 2019 di aula Kantor.

Muat Lebih

Kepala Kantor Pertanahan Kota Lubuklinggau Agustin Samosir mengatakan berdasarkan SK Kakanwil tentang lokasi Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap (PTSL) dan SK Kepala Kantor Lubuklinggau tentang penunjukan tim percepatan PTSL, melantik 3 Tim dengan wilayah pelayanan 8 Kecamatan dengan fokus prioritas di Kecamatan Lubuklinggau Utara dan Selatan.

Lebih lanjut, Agustin mengatakan dengan target fisik 15.000 bidang pengukuran pemetaan dan target yuridis 12.000 sertifikat. Program PTSL 2019 sudah dimulai dengan penyuluhan di tiap kelurahan mulai minggu ini, diikuti dengan kegiatan pengukuran pemetaan dan pengumpulan data yuridis (Identitas, batas, surat-surat tanah, dan lain sebagainya).

“Bagi masyarakat yang sudah pernah tanahnya diukur dan dipetakan sebelumnya melalui PTSL, tinggal membawa surat-surat tanah, data kepemilikan dan batas, dan mengisi formulir permohonan hak untuk dapat di verifikasi oleh Tim,” ungkapnya.

Pengumpulan data ini, sambung dia dapat juga melalui Lurah/RT yang ditugaskan/SK membantu kegiatan ini. Setelah diputuskan panitia/tim hasil verifikasi tersebut, sertifikat akan diterbitkan dan diserahkan dengan selesainya administrasi BPHTB serta persiapan pendaftaran tanah di kelurahan.

“Proses ini tidak menghabiskan waktu yang lama, sederhana, mudah, dan cepat,” ucapnya.

Dikatakannya, kesempatan tersebut mungkin tidak ada lagi ditahun depan, jadi bergegaslah karena target pengumpulan data selesai di semester I Tahun 2019 ini. PTSL hanya melayani pendaftaran tanah pertama kali bukan peralihan hak, balik nama, hak tanggungan dan lain sebagainya.

Sertipikat tanah ini sangat dinantikan karena akan memberikan kepastian hukum atas hak tanah yang dimiliki. Selain itu, sertifikat tanah ini bisa dijadikan financial inclusion atau menambahkan modal usaha untuk akses pengembangan usaha masyarakat demi peningkatan kesejahteraan. Dan sebagai aset warisan untuk anak cucu di masa yang akan datang.

“Layanan lainnya ini dapat dilakukan di loket kantor pertanahan di Jl. Sultan Mahmud Badaruddin II no. 1, Air Kuti atau di mobil pelayanan keliling ‘Larasita”. Jadi, uruslah langsung sertifikat tanah anda, tanpa melalui perantara/Kuasa. Karena mengurus langsung akan lebih terjamin kepastian waktu, biaya dan prosedurnya sesuai ketentuan,”pungkasnya.(HS-01)