oleh

Pemdes Jaya Tunggal Kucurkan BLT-DD

Silampari OnlineĀ 

MUSI RAWAS- Sedikitnya 86 warga Desa Jaya Tunggal, Kecamatan Tuah Negeri, Kabupaten Musi Rawas (Mura) menerima penyaluran bantuan langsung tunai dana desa (BLT-DD) dari Pemerintah Desa setempat, Senin (19/4/2021) Sekitar Pukul 10.00 Wib. Diharapkan dengan adanya bantuan ini dapat membantu warga maka memenuhi kebutuhannya sehari-hari.

Penyaluran BLT-DD dilaksanakan di Balai Posyandu Desa Jaya Tunggal dan dihadiri Kepala Desa (Kades) Jaya Tunggal, Pemerintah Kecamatan Tuah Negeri, BPD, Pendamping Desa, Babinsa, Bhabinkamtibmas serta Perangkat Desa.

Kades Jaya Tunggal, Jhon mengatakan bahwa hari ini (kemarin) Pemdes menyalurkan BLT-DD bagi 86 warga. Dimana, untuk bantuan ini diberikan satu bulan atau periode Januari dan masing-masing penerima mendapatkan Rp300 ribu.

“Ada 86 warga yang kita berikan BLT-DD bulan Januari tahun ini,”jelas Jhon kepada Silampari Online.

Dikatakannya, bantuan ini baru bisa diberikan kepada warga karena memang anggarannya baru masuk ke rekening Desa. Sehingga, jika ada isu bantuan ini dihambat diberikan itu tidaklah benar. Sebab, jika anggaran ini sudah ada maka pihaknya langsung membagikannya serta tidak bertele-tele.

“Mudah-mudahan setelah pembagian ini maka anggaran bantuan ini bulan Februari-April bisa ditransper ke rekening Desa agar kami secepatnya menyalurkan ke warga,”terangnya.

Hanya saja, bagi penerima bantuan ini maka diharapkan dapat digunakan sebaik-baiknya khususnya dalam membeli bahan pokok sembako sesuai kebutuhan untuk menjalani ibadah puasa.

Terakhir, dalam kesempatan ini ia juga menyampaikan atas nama pribadi, keluarga dan Pemdes Jaya Tunggal mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa dan dalam menjalani diberikan kesehatan agar ibadah puasa bulan ini lebih baik dari tahun sebelumnya. Termasuk, meminta agar warga tetap mematuhi protokol kesehatan (Prokes) Covid-19 agar terhindar dari penyakit Covid-19.

Sementara itu, Camat Tuah Negeri, Kabupaten Mura, Christiandi Argani melalui Kasi PMD, Abdul Fahmi Rizal menjelaskan, BLT-DD yang disalurkan untuk bulan Januari sebesar Rp300 ribu. Dimana, bantuan ini diberikan selama satu tahun dan besaran bantuan tersebut berkurang dari tahun sebelumnya bukan dari kehendak Kades, melainkan aturan dari pusat. Sedangkan penyalurannya diberikan perbulan dan tahun ini terlambat dari transper dari Kabupaten dan bukan dipendap oleh kades atau Pemdes.

“Setelah pembagian ini maka insya allah sebelum lebaran untuk bulan Februari nantinya bisa cair dan dapat disalurkan. Jangan sampai ada isu atau warga berburuk sangka kepada pemdes. Sehingga, gunakan uang ini sebaik-baiknya untuk membeli sembako dan lain sebagainya,”pungkasnya. (Kris)