oleh

Pemdes Sugih Waras Bangun Infrastruktur Skala Prioritas Usulan Warga

Silampari Online 

MUSI RAWAS- Infrastruktur dasar menjadi perhatian khusus oleh Pemerintah Desa (Pemdes) Sugih Waras Kecamatan khususnya fasilitas yang menjadi akses utama warga. Sehingga, melalui Dana Desa (DD) maka dimanfaatkan untuk membangun objek vital kebutuhan masyarakat Desa.

Pembangunan fasilitas yang menggunakan DD ditandai dengan titik nol oleh Pemdes Sugih Waras yang dikomandoi Kepala Desa (Kades) setempat dan disaksikan Kasi PMD, Pendamping Desa, Babinsa, Bhabinkamtibmas, BPD serta Perangkat Desa.

Kades Sugih Waras, Kecamatan Sukakarya, Kabupaten Musi Rawas (Mura), Nyamadi mengatakan, bahwa melalui anggaran DD Pemdes Sugih Waras melakukan titik nol untuk pembangunan infrastruktur Desa.

Dikatakannya, adapun pembangunan fasilitas Desa diantaranya gorong-gorong/jembatan irigasi dengan anggaran Rp35 juta dan sumur bor dengan anggaran Rp29.872.640.

Menurutnya, pembangunan fasilitas ini bukan serta merta dilakukan begitu saja. Sebab, disamping sudah menjadi usulan warga dalam pelaksanaan Musyawarah Dusun (Musdus) dan Musyawarah Desa (Musdes). Tentunya, fasilitas ini sudah menjadi kebutuhan dasar warga seperti gorong-gorong/jembatan irigasi sebagai akses warga ke kebun pertanian mencari nafkah sehari-hari ke kebun karet. Kemudian, sumur bor untuk mengantisipasi krisis air bersih seperti setiap kemarau melanda.

Terlepas dari itu dirinya berharap dengan adanya pembangunan sarana dan prasarana ini dapat membantu warga beraktifitas sehari-hari agar dapat lancar tanpa ada kendala dalam menompang ekonomi masyarakat Desa.

Sementara itu, Camat Sukakarya, Kabupaten Musi Rawas (Mura), M Setiawan melalui Kasi PMD, Agung mengapresiasi sinergitas antara masyarakat, BPD, tokoh agama, pemuda serta adat dengan Pemerintah Desa (Pemdes) Sugih Waras yang bahu membahu membangun Desa. Sehingga, dengan begitu maka ia menghimbau agar fasilitas Desa yang telah dibangun hendaknya dapat dijaga dan dirawat agar tidak rusak agar pemanfaatannya dapat lama digunakan. (Kris)