Pemkab akan Fasilitasi Pertemuan Warga – PTPN 7

Silampari Online,

EMPAT LAWANG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Empat Lawang, menjadwalkan pertemuan bersama antara pihak PT Perkebunan Nusantara (PTPN) 7 dengan warga, terkait sengketa lahan di areal perkebunan PTPN 7 Unit Senabing, Afdeling III Sungai Berau.

“Jadwalnya besok (hari ini, Red), akan diadakan pertemuan antara pihak PTPN 7 dengan masyarakat di ruang rapat Setda Empat Lawang,” ungkap Kabag Tapem Setda Empat Lawang, RM Sobri saat dibincangi Harian Silampari, di ruang kerjanya, Senin (12/2).

Dijelaskannya, dalam hal ini Pemkab Empat Lawang, hanya sebagai fasilisator dari pertemuan ini. Pemkab juga sebut dia, juga mengundang pihak Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Empat Lawang, untuk mengikuti jalannya mediasi ini. 

“Kemungkinan pak Sekda yang akan pimpin pertemuan kali ini. Kita akan dengarkan apa penjelasan dari pihak masyarakat dan apa penjelasan dari pihak PTPN 7, mudah-mudahan ada jalan keluarnua dari persoalan ini,” harapnya.

Diberitakan sebelumnya, PTPN 7 Unit Senabing, Afdeling III Sungai Berau, diduga melakukan penyerobotan lahan milik masyarakat, tanpa melakukan ganti rugi sepeserpun.

Dugaan tersebut diketahui, saat kunjungan kerja Komisi I DPRD Empat Lawang ke kantor Afdeling III Sungai Berau, Uni Senabing PTPN VII, yang terletak di kawasan Sungai Laru, Kelurahan Tanjung Kupang, Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang, Rabu (31/1).

Wakil Ketua II DPRD Empat Lawang, Arifa’i menyampaikan tujuan kunjungan pihaknya ini ke Kantor Afdeling III Unit Usaha Senabing, PTPN VII ini merupakan tindak lanjut adanya pengaduan masyarakat ke pihak DPRD Empat Lawang, beberapa waktu lalu.

“Harapan kami, permasalahan bisa diselesaikan dengan baik, sesuai dengan aturan yang ada,” ungkap Rifa’i saat menyampaikan maksud kedatangan pihaknya ke pihak PTPN VII.

Sementara, Ketua Komisi I DPRD Empat Lawang, Makmun mengatakan, adapun persoalan yang ingin pihaknya selesaikan adalah, persoalan klaim lahan yang ada di wilayah PTPN VII di dalam wilayah Afdeling III Unit Usaha Senabing ini. “Dalam hal ini, Komisi I DPRD Empat Lawang, berkomitmen meyelesaikan permasalahan lahan ini secara profesional dan profosional,” ujarnya.

Dalam penyelesaian lahan ini, lebih lanjut pihaknya akan melibatkan semua unsur termasuk pemerintah daerah (Pemda) Empat Lawang. Surat pengaduan masyarakat ini, ditindaklanjuti pada pembahasan dan seterusnya. 

“Dan pada hari ini salah satu agenda, kami mengujungi kantor Afdeling III ini, sebagai bentuk pemberitahuan bahwa ada surat pengaduan sengketa lahan dan surat itu sudah di sampaikan ke DPRD dan kita lanjuti baik itu cross-chek dan sebagainya bahwa itu layak untuk kita bahas dan kita tindak lanjuti,” jelasnya. (HS-04)