Pemkab Empat Lawang Butuh Mobil Damkar dan Ekskavator

ilustrasi.net

SILAMPARI ONLINE

EMPAT LAWANG РBadan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Empat Lawang, membutuhkan dua unit mobil pemadam bahaya kebakaran dan satu unit ekskavator mini untuk menanggulangi bahaya kebakaran di Kabupaten Empat Lawang. Kepala BPBD Empat Lawang, HM Taufik melalui Sekretaris Badan, Tarmizi Komar mengakui hal tersebut. Saat ini masih kekurangan  peralatan penanggulangan bencana, terutama peralatan penanggulangan bencana kebakaran.

“Jika berdasarkan zona, wilayah Kabupaten Empat Lawang, terdiri dari lima zona yang ada, meliputi zona Tebing Tinggi memiliki dua unit mobil Damkar, zona Pendopo memiliki satu unit mobil Damkar, zona Muara Pinang terdapat satu unit mobil Damkar, zona Ulu Musi terdapat satu unit dan zona Paiker satu unit mobil damkar,” urainya.

Sementara kata Tarmizi, Kabupaten Empat Lawang itu sendiri memiliki sepuluh wilayah kecamatan. “Ada dua kecamatan yang seharusnya sudah memiliki Damkar sendiri, karena lokasinya cukup jauh dari zonanya, yakni Kecamatan Talang Padang dan Kecamatan Saling,” kata dia. Sebab lanjut dia, pihaknya khawatir misal terjadi musibah kebakaran, dengan jarak tempuh yang agak jauh tersebut akan menyulitkan penanganan yang cepat terhadap musibah kebakaran itu.

“Makanya kami menyampaikan agar anggota Dewan Empat Lawang yang terhormat bisa menyetujui usulan tambahan dua unit mobil damkar,” imbuhnya. Disinggung titik api kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kabupaten Empat Lawang, Tarmizi mengatakan jika sejauh ini tidak ada titik hot spot yang mengkhawatirkan. Meski demikian pihaknya tetap waspada jika terjadi kebakaran hutan dan lahan. “Saat ini petugas pemadam kebakaran sebanyak 90 orang. Jumlah ini terbilang cukup dan untuk keahliannya petugas akan diberikan pelatihan tambahan bagaimana cara memadamkan api,” tukasnya. (HS-05)