Pemkab Empat Lawang Gelar Sosialisasi LPPD

Silampari Online,

EMPAT LAWANG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Empat Lawang, melalui Bagian Tata Pemerintahan Sekretariat Daerah (Setda) Empat Lawang, menggelar kegiatan sosialisasi Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) dan penyusunan LPPD Bupati Empat Lawang, Senin (26/2).

Kegiatan yang digelar di aula Hotel Kito Tebing Tinggi, diikuti utusan seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dalam lingkungan kerja Pemkab Empat Lawang dan instansi vertikal se-Kabupaten Empat Lawang, dengan nara sumber berasal dari Inspektorat Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), digelar mulai tanggal 26 Februari sampai dengan 2 Maret tahun 2018.

Mewakili Gubernur Sumsel, Pengawas Pemerintah Madya Inspektorat Provinsi Sumsel, Irma Handayani dalam sambutannya saat acara pembukaan kegiatan tersebut mengatakan, pentingnya komitmen bersama untuk menyusun Laporan Penyelengaraan Pemerintah Daerah (LPPD), baik antara Kepala OPD, Bupati beserta jajaran maupun penyusunnya. “Apalah artinya bersusun apabila tidak diapresiasi oleh atasannya,” ujar Irma.

Menurut Irma Handayani, atasan kadang-kadang hanya menandatangani, hanya sebagai pelengkap data saja. “Moga-moga kepala OPD di sini tidak sekedar hanya tandatangan saja. Sebab, perlu diketahui, capaian yang ada di dalam LPPD itu merupakan penilaian kinerjanya bupati selaku kepala daerah,” ungkapnya.

Pemerintah pusat kata dia, dalam penyusunan LPPD menyarankan agar adanya koordinasi setiap OPD. Data yang diberikan haruslah data yang telah dikoordinasikan terlebih dahulu. Selain itu lanjut dia, perlu ada sistem pengumpulan data, karena data tahun kemarin, ternyata berbeda dengan tahun ini dan tentunya berbeda dengan dua tahun lalu dan seterusnya.

“Satu lagi yang sangat diperlukan, pencapaian kinerja perlu dimasukan dalam dokumen perencanaan. Baik perencanaan daerah maupun perencanaan OPD. Setiap capaian kinerja perlu dimasukan, sehingga bapak bupati dapat melihat apakah capaiannya sudah tercapai,” jelasnya.

Sementara, Staf ahli Pemerintah Kabupaten Empat Lawang, Sahrial Podril mewakili Bupati Empat Lawang, saat membuka kegiatan menyampaikan, sebagai bentuk pembinaan pemerintah pusat pada penyelenggaraan pemerintah daerah, di Undang-undang Nomor 23 tahun 2014, menyebutkan bahwa kepala daerah wajib menyampaikan laporan penyelenggaraan pemerintah daerah, laporan tentang pertanggungjawaban dan laporan tentang peningakatan penyelenggaraan pemerintah daerah dengan capaian pemerintah daerah dalam bentuk laporan kerja instansi pemerintah daerah, sebagai bahan evaluasi pemerintahan pusat melalui Gubernur sebagai wakil pemerintahan pusat di daerah.

“Dari gambaran di atas, sudah sangat jelas LPPD merupakan kegiatan yang sangat vital, karena memuat beberapa gambaran kinerja pemerintah daerah,” ungkapnya.

Sebelumnya, dalam laporan Kegiatan sosialisasi ini, Kabag Tapem Setda Empat Lawang, RM Sobri melalui Kasubag Otonomi Daerah Setda Empat Lawang, Eman Sulaiman menyampaikan, hasil tersedianya laporan penyelenggaraan pemerintah daerah tahun 2017, yang datanya dari seluruh SKPD dan diikuti oleh instansi vertikal Kabupaten Empat Lawang, sebagai bahan laporan kepada pemerintah pusat melalui Gubernur Sumsel. (HS-04)