Pemkab Muratara Kerjasama dengan ITB ‘Percantik’ Kawasan Perkantoran

Bupati Muratara HM. Syarif Hidayat menyerahkan cendera mjata kepada Rektor ITB Prof. Dr. Ir. Kadarsah Suryadi DEA setelah melakukan penandatanganan kerjasama antarkedua belah pihak pada 10 Mei 2019. FOTO/ISTIMEWA

SILAMPARI ONLINE,

MURATARAKabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) akan memiliki kawasan perkantoran menempati lahan kurang lebih 211 hektar yang berada di Kelurahan Muara Rupit. Nantinya, jalan masuk ke kawasan spanjang 300 meter akan didesain ‘secantik’ mungkin dengan lebar jalan 50 meter.

Muat Lebih

Untuk mewujudkan kawasan perkantoran yang kelak menjadi ciri khas Muratara, sudah dimulai pada 2015 dengan penyusunan Master Plan dan Pra DED (Detail Engineering Design) yang bekerjasama dengan Pusat Studi Perencanaan Pembangunan Regional (PSPPR) Universitas Gajah Mada.

Pada 2017-2028 dilakukan pembebasan lahan. Dilanjutkan pembersihan lahan (land clearing) dan penyusunan DED kawasan perkantoran tahap I bekerja sama dengan Institut Teknologi Bandung (ITB). Pada 2020 dimulai pembangunan gedung sekretariat DPRD,gedung sekretariat daerah dan stadion olahraga.

Pemerintah Kabupaten Muratara juga bekerjasama dengan  ITB dalam program lainnya. Seperti dalam bidang pendidikan, pelatihan dan pengelolaan sumber daya alam bidang energi mineral serta pengembangan wilayah Muratara yang nota kesepahaman antarkedua belah pihak ditandatangani pada 10 Mei 2019 di Kampus ITB, Jalan Taman No 64 Bandung.

Karena Muratara Kaya Potensi SDA

Bupati HM Syarif Hidayat dalam kesempatan kerjasama tersebut mengatakan, potensi Sumber Daya Alam (SDA) di Muratara sangat kaya. Seperti tambang emas yang merupakan satu-satunya di Sumatera Selatan. Ada tambang batu bara, minyak dan gas bumi, timah, batu Galena serta  perkebunan sawit dan karet.
“Semoga kerjasama ini dapat berjalan dengan baik, karena tanpa bantuan pihak ITB kota kami tentu tidak akan bisa cantik”, katanya.

Sementara itu, Rektor ITB Prof. Kadarsah Suryadi mengungkapkan, pihaknya memiliki ahli dibidanya yang bisa membantu dalam kerjasama tersebut. Apalagi, dengan adanya sawit dan migas di Muratara sangat luar biasa, karena potensi tersebut jarang dimiliki kabupaten lain. (rill)