Pemkab Rejang Lebong Susun Raperda Universitas Pat Petulai

SAMBUTAN : Bupati Rejang Lebong Dr H.A Hijazi menyampaikan kata sambutan saat pelantikan rektor UPP, Senin (5/8). 

Silampari Online

REJANG LEBONG – Bupati Kabupaten Rejang Lebong, H A Hijazi menegaskan jika pihaknya akan menyusun Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Universitas Pat Petulai (UPP). Raperda ini akan menjadi payung hukum status kepemilikan lembaga pendidikan tinggi tersebut.

Bacaan Lainnya

“Raperda itu untuk memastikan Universitas Pat Petulai milik Pemkab Rejang Lebong, maka kita akan segera menyusun Raperda terkait dengan UPP. Saya tegaskan UPP ini adalah milik Pemkab Rejang Lebong,” terang Hijazi setelah menghadiri pelantikan Profesor Alnopri sebagai rektor UPP di ruang Pola Pemkab Rejang Lebong, Senin (5/8).

Hijazi menjelaskan keberadaan Raperda itu untuk menjamin keberlangsungan universitas tersebut. Sehingga saat dirinya tidak lagi menjabat bupati maka Pemkab Rejang Lebong tidak melepas atau lepas tangan dalam pengelolaannya. Dengan alasan milik yayasan atau sebaliknya pihak yayasan merasa UPP ini bukan milik Pemda.

“UPP ini milik Pemkab Rejang Lebong karena anggaran digunakan untuk UPP dari Pemkab Rejang Lebong. Nantinya bukan hanya UPP yang akan kita buatkan Perdanya tetapi juga Politeknik Raflesia,” paparnya.

Penyusunan Raperda akan dilakukan Pemkab Rejang Lebong secepatnya, dan jika tidak memungkinkan dilakukan tahun depan. Sehingga nanti bisa langsung diajukan ke DPRD setempat, guna dibahas dan disahkan menjadi Perda.

Sementara itu, angota DPRD Rejang Lebong, Wahono menyatakan pihaknya menyambut baik rencana penyusunan Raperda pengelolaan UPP oleh Pemkab Rejang Lebong dan akan memasukkannya menjadi Perda inisiatif DPRD Rejang Lebong.

“Kemungkinan besar pembahasannya baru bisa dilaksanakan tahun 2020 nanti, karena saat ini pembahasan Perda tahun 2019 ini sudah selesai dilaksanakan oleh DPRD Rejang Lebong,” terang Wahono.
Penerapan Perda mengenai universitas itu, Wahono menyatakan telah dilakukan beberapa universitas daerah di tanah air. Salah satunya Universitas Baturaja di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumsel. “Sehingga Pemkab dan DPRD Rejang Lebong bisa belajar di sana nanti,” harap dia.(HS-06)