oleh

Pemkot Bantu 9.800 KPM Dalam Program JKN KIS

-Tak Berkategori-260 Dibaca

Silampari Online, 

PEMERINTAH Kota Lubuklinggau terus berupaya memberikan yang terbaik bagi warga masyarakatnya, salah satunya dengan mendaftarkan masyarakat yang belum tercover berbagai program kesehatan seperti KIS, BPJS Kesehatan dan Program kesehatan lainnya. Hal itu dibuktikan dengan aktivitas pelayanan publik di Dinas Sosial (Dinsos) Kota Lubuklinggau, salah satunya pemberian rekomendasi usulan untuk pembuatan Kartu Indonesia Sehat (KIS) sebagai kartu identitas kepesertaan dalam program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Pj Walikota Lubuklinggau H Riki Junaidi melalui Kepala Dinas Sosial Kota Lubuklinggau, A H Ritonga mengatakan bahwa program tersebut sudah berjalan dari tahun-tahun sebelumnya. Dan saat ini, diharapkan tidak ada lagi warga tidak mendapatkan haknya. “Dulu telah dilakukan penantanganan perjanjian kerja sama antara Pemkot Lubuklinggau dan BPJS Kesehatan tentang kepesertaan¬† program JKN bagi penduduk yang didaftarkan oleh Pemkot Lubuklinggau,” ungkapnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa keseluruhan peserta itu akan dibantu menggunakan dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD). Sehingga, warga Kota Lubuklinggau harus mendapatkan haknya dalam bidang kesehatan. “Pemerintah Kota Lubuklinggau pada tahun 2018 ini telah membantu sebanyak kurang lebih 9.800 Keluarga Penerima Manfaat (KPM),” jelasnya.

Dijelaskannya, untuk program JKN KIS tersebut dianggarkan melalui Dinas Kesehatan Kota Lubuklinggau. Sedangkan Dinas Sosial, kata dia berperan sebagai sumber data dan mengecek persyaratan setiap permohonan dan membuat rekomendasi ke BPJS Kesehatan untuk bisa diterbitkan. “Kalau kita (Dinsos) hanya sebagai sumber data dan mengecek persyaratan setiap permohonan dan membuat rekomendasi ke BPJS Kesehatan untuk bisa diterbitkan,” pungkasnya.(HS-07)

Tentang Penulis: admin

Gambar Gravatar
Harian Silampari merupakan nama daerah di Bumi Silampari yang memiliki tiga wilayah satu kota dan dua kabupaten di provinsi Sumsel