Pemutakhiran Data Butuh Partisipasi Masyarakat

Silampari Online,

LAHAT – Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) bersama Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Panitia Pemilihan Lapangan (PPL) Desa Lubuk Kepayang, Kecamatan Merapi Barat, mendatangi permukiman warga dan penduduk. Kehadiran petugas tersebut bertujuan untuk melakukan pencocokan dan penelitian (Coklit) data serta daftar pemilih bagi daerah yang menggelar Pilkada, Selasa (23/1).

Panitia Pemilihan Lapangan (PPL) Hendriadi mengatakan, petugas PPDP harus dipastikan turun langsung kelapangan menemui masyarakat dan tidak bisa dilakukan di belakang meja atau diwakilkan.

Muat Lebih

“Tahapan pemutakhiran data dan daftar pemilih harus dilakukan secara benar dan sungguh-sungguh. PPDP adalah ujung tombaknya. Maka, PPDP harus melaksanakan tugas sesuai dengan prosedur yang berlaku,” ujar Hendri.

Hendri menambahkan, semua itu adalah ikhitar penyelenggara dalam melayani hak pilih masyarakat khususnya di Desa Lubuk Kepayang.

“Seperti diketahui, pelaksanaan pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih untuk Pilkada 2018 dilaksanakan serentak pada tanggal 20 Januari 2018 sampai tanggal 18 Februari 2018 oleh panitia pemutakhiran data pemilih (PPDP). Mereka akan turun langsung ke rumah warga secara door to door untuk mendata,” tegasnya.

Hendri menambahkan, tugas PPL dalam kegiatan tersebut, memastikan semua wajib pilih terdaftar dan PPDP wajib mendatangi ke rumah-rumah warga. Bagi wajib pilih dikatakannya, tidak perlu khawatir sebab PPL siap sedia untuk melayani keluhan warga wajib pilih, termasuk belum atau tidak dikunjungi PPDP dan yang terpenting untuk sekarang, Panwas mensosialisasikan kepada masyarakat yang punya hak pilih untuk  memastikan dirinya terdaftar dalam Daftar Pemilih dan berpartisipasi aktif dalam mengawasi proses Pencocokan dan Penelitian (Coklit) Data Pemilih

“Laporkan apabila ada wajib pilih, yang memenuhi syarat sebagai pemilih tetapi dicoret oleh PPDP, laporkan semua yang berpotensi pelanggaran kepada Pengawas Pemilihan, baik Panwascam maupun PPL,” tukasnya. (HS-06)