Pencuri Sawit PTPN VII Kerawo Diringkus

SILAMPARI ONLINE, Banyuasin, Aparat Kepolisian Sektor (Polsek) Betung berhasil meringkus satu dari tiga pelaku Pencurian Tandan Buah Sawit (TBS) GR. Sedangkan dua rekan pelaku menjadi daftar pencarian orang (DPO) berinisial IR dan GM, warga Desa Srikembang Kecamatan Betung Kabupaten Banyuasin, Rabu (26/2/2020)

Kapolres Banyuasin AKBP Danny Sianipar, S.I.K melalui Kapolsek Betung AKP Toto Hernanto SH membenarkan adanya penangkapan terhadap tersangka. Modus Operandi Pelaku dengan cara mengambil buah kelapa sawit yg sudah dipanen karyawan diareal perkebunan milik PTPN VII, dengan menggunakan mobil Taft kotak merk Daihatsu warna merah no pol BG 1144 T, akibat kejadian tersebut pihak perusahaan PTPN VII melaporkan ke Polsek Betung dan mengalami kerugian sebesar kurang lebih, Rp. 3.600.000.

Muat Lebih

Kemudian pada tanggal , 27 Februari 2020, unit Reskrim mendapat informasi kalau pelaku pencurian buah kelapa sawit milik PTPN VII dengan menggunakan mobil taf kotak warna merah adalah berinisial GR, mendapat informasi tersebut kemudian kita memerintahkan Kanit Reskrim dan team opsnal untuk mencari keberadaan pelaku dan melakukan penangkapan, setelah keberadaan pelaku diketahui selanjutnya dilakukan penangkapan tanpa perlawanan dan setelah diinterogasi pelaku berinisial GR mengakui dan membenarkan telah melakukan pencurian buah kelapa sawet milik PTPN VII, saat melakukan pencurian tersebut GR bersama dengan temannya bernama IRFAN dan GIMAN (DPO).

Selanjutnya dilakukan pengejaran terhadap kedua temannya tapi sudah tidak ada lagi atau melarikan diri, selanjutnya pelaku bersama barang bukti kendaraan Taft kotak dàihhatsu warna meràh no pol 1144 T berikut kunci kontak dan 150 buah TBS dibawa ke Polsek Betung untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

“Dan tersangka di jerat dengan pasal 363 KUHP Pencurian dengan pemberatan, ancaman maksimal 7 tahun penjara,” ancamnya.

Manager PTPN 7 Unit Kerawo, H Daniel Solikhin SP, saat dikonfirmasi mengatakan, bahwa setiap tindakan terjadinya pencurian diareal PTPN 7 kita akan proses sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku, terlebih bila terbukti ada keterlibatan atau orang dalam perusahan akan ditindak tegas.

“Kita akan bangun terus kerjasama dengan pihak terkait baik pihak kepolisian dan masyarakat sekitar unit, karena PTPN 7 merupakan Perusahan BUMN, asset Negara yang perlu kita jaga bersama,” terang Daniel(heri)