Pendaftaran Calon PPS Diperpanjang

Komisioner KPU Rejang Lebong hingga kemarin masih melakukan seleksi wawancara untuk 6 besar calon anggota PPK di Kabupaten Rejang Lebong

Silampari Online,

REJANG LEBONG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rejang Lebong (RL), menambah waktu pendaftaran calon anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) hingga 16 Februari 2018 mendatang. Hal ini dilakukan lantaran target peserta belum terpenuhi dimasing-masing desa/kelurahan.

Muat Lebih

“Surat sudah kita sampaikan ke seluruh kecamatan, desa dan kelurahan terkait perpanjangan waktu pendaftaran calon anggota PPS di Kabupaten Rejang Lebong. Batas minimal peserta seleksi 6 orang, sedangkan masih banyak yang kurang dari 6 peserta,” ungkap Ketua KPU Rejang Lebong Halid Syaifullah, SH, MH.

Dijelaskan Halid, jika nanti masih ada desa/kelurahan yang kekurangan peserta, alternatifnya dengan berkoordinasi bersama pemerintah daerah. Yaitu melalui rekomendasi dari pemerintah, yaitu pemerintah desa atau pemerintah kelurahan untuk memenuhi kekurangan peserta tersebut. “Sebenarnya bisa juga meminta PNS guru yang berada atau berdomisili di desa/kelurahan yang kekurangan jumlah pesertanya,” terang Halid.
Dari 156 desa/kelurahan, sambung Halid, setidaknya masih ada 80 desa/kelurahan yang kekurangan peserta. Masing-masing Kecamatan Curup 2 desa/kelurahan, Curup Tengah 2 desa/kelurahan, Curup Utara 5 desa/kelurahan, Curup Timur 6 desa/kelurahan, Curup Selatan 7 desa/kelurahan dan Kecamatan Bermani Ulu ada 6 desa/kelurahan yang kekurangan peserta.
Selanjutnya, Halid merincikan, Kecamatan Bermani Ulu Raya ada 4 desa/kelurahan, Selupu Rejang 12 desa/kelurahan dan Sindang Kelingi 5 desa/kelurahan. Sedangkan Kecamatan Sindang Dataran ada 3 desa/kelurahan, Sindang Beliti Ulu ada 4 desa/kelurahan, Sindang Beliti Ilir ada 2 desa/kelurahan, Padang Ulak Tanding ada 13 desa/kelurahan dan Kecamatan Kota Padang ada 4 desa/kelurahan yang kekurangan peserta.
Jadi bisa dikatakan diseluruh kecamatan masih ada desa/kelurahan yang kekurangan peserta pendaftaran calon PPS. Pesertanya hingga hari ini hanya antara 1 sampai 5 peserta atau kurang dari 6 peserta batas minimal peserta. Kita juga tidak tahu apa penyebabnya pendaftaran calon anggota PPS ini kurang dimintai. “Mudah-mudahan dengan penambahan waktu ini nantinya jumlah peserta bisa tercukupi,” tukas Halid. (HS-05)