Penerapan K 13, Disdik Empat Lawang Tidak Ikuti Himbauan Wakil Mendikbud

SILAMPARI ONLINE,

Empat Lawang – Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Pusat menggelar program peningkatan kapasitas guru PAUD dalam mengimplementasikan kurikulum K13 di Kabupaten Empat Lawang yang bertempat di Hotel Zulian,(9/11/2019).

Muat Lebih

Kegiatan tersebut mengundang 80 peserta tenaga pendidik guru PAUD, yang dilaksanakan selama 3 hari berturut – turut.

Meski demikian pantauan di lapangan, peserta yang mengikuti hanya sedikit, padahal, undangan 80 peserta.

” Ini peserta undangan nya 80, tapi yang datang beguyur (berangsur),” ungkap Kabid Himpaudi Dinas Pendidikan Kabupaten Empat Lawang Mugiyono kepada Silampari Online.

Mugiyono mengatakan Kegiatan tersebut dilakukan guna meningkatkan dan memberikan pengetahuan, pemahaman, sikap dan keterampilan bagi para guru PAUD dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013 di sekolah atau lembaga PAUD yang dikelolanya.

“Tujuannya untuk mengimplementasikan penerapan kurikulum 2013 terhadap tenaga pendidik di Empat Lawang, itu saja sih sesuai dengan spanduk di depan,” ungkapnya.

Menurutnya, penerapan k13, lebih mengutamakan pengajaran antara teori dan praktek harus seimbang. “Penerapan K 13 bukan banyak praktek, tapi harus seimbang antara teori dan praktek” kelitnya.

Hal tersebut berbanding terbalik, dalam himbauan Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Musliar Kasim yang mengatakan, Kurikulum 2013 lebih menekankan praktik daripada hafalan, dimana himbauannya tersebut yaitu guru di tuntut untuk lebih menekankan 70 persen praktek, 30 persen teori, agar wawasan maupun kreativitas siswa dapat lebih bertambah.

“Mbak, salah kalau langsung mengatakan k13 ini, lebih menekankan praktek dari pada teori, saya kasih tahu ya, antara teori dan praktik harus seimbang, tidak bisa dikatakan lebih banyak praktek dari pada teori, semuanya harus pada porsi yang sama real dan seimbang,” ungkapnya dengan percaya diri.

Selain dari pada itu, wartawan juga menanyakan akan hal materi apa saja yang di berikan kepada para peserta. Namun lagi – lagi Mugiyono menjawab , tanyakan langsung ke bagian kasinya.

” Coba langsung tanyakan ke kasi nya, dia Pelaksana nya, yang lebih mengetahui, karna ini bukan acara kami, kami hanya memfasilitasi program kemindikbud pusat,” cetusnya.

Ketika wartawan mengkonfirmasi akan hal tersebut, selaku pelaksana kegiatan dari Kemendikbud pusat, enggan mau di konfirmasi, menurutnya silakan konfirmasi ke bagian Kabid Himpaudi Empat Lawang.

” Saya nggk bisa jawab mbak, coba tanya sama pelaksananya, kami ini hanya diundang untuk menjadi narasumber,” ungkapnya kepada wartawan.

Laporan : Diah Anggraeni
Editor : Agus Hubya H