Pengelolaan TWA Bukit Kaba Berbasis Kemasyarakatan

SERAHKAN : Kepala BKSDA Bengkulu, Ir Abu Bakar Menyerahkan dokumen kesepakatan kerjasama Mou yang telah ditandatangani kedua belah pihak kepada Bupati Rejang Lebong Dr.(HC).H.A.Hijazi SH.M.si disaksikan oleh unsur FKPD dan kepala OPD

Silampari Online,

REJANG LEBONG – Pengelolaan Taman Wisata Alama (TWA) Bukit Kaba yang berada di Kecamatan Selupu Rejang Kabupaten Rejang Lebong (RL), berbasis kemasyarakatan. Hal itu tertuang dalam surat perjanjian Kerjasama Antara BKSDA Bengkulu dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Rejang Lebong, dalam Penguatan Fungsi dalam Rangka Pengembangan Wisata Alam di TWA Bukit Kaba kemarin Senin (5/3).
Untuk pengelolaan TWA Bukit Kaba ini berbasis kepentingan kemasyarakat. Hal tersebut disampaikan Kepala BKSDA Bengkulu, Ir Abu Bakar bahwa, Melalui MoU ini. Untuk pengelolaan TWA Bukit kaba ini diarahkan berbasis masyarakat dengan artian kegiatan-kegiatan pengelolaan TWA Bukit Kaba akan diserahkan sepenuhnya kepada masyarakat.
Contoh adanya jasa angkutan ojek di TWA Bukit Kaba, pemandu wisata dan lainnya yang berada di TWA Bukit Kaba ini akan kita berikan izin untuk mengelola wisata bukit kaba ini. Karena tidak membawa investor membangun TWA Bukit Kaba ini melainkan pembangunan sarana yang dibutuhkan melalui BKSDA bersama pemerintah Daerah. “Untuk meningkatkan ekonomi masyarakat melalui pemanfaatan TWA Bukit Kaba, “ ungkap Abu bakar.
Dijelaskan Abu Bakar, pembangunan sarana yang dibutuhkan sendiri yakni seperti pembangunan Homestey yang akan dilakukan Pemkab RL begitu juga peningkatan jalan dilokasi wisata TWA Bukit Kaba.  “Selain itu pula kita  BKSD membangun pusat informasi dan selter di TWA Bukit Kaba dengan bertujuan bersama mengembangkan TWA Bukit Kaba agar masyarakat disana sejahtara dan TWA Bukit Kaba juga terjaga karena dengan penyerahan pengelolaan dengan masyarakat setempat disana akan membantu manjaga alam di TWA Bukit Kaba ini,” terang Abu Bakar.(HS-09)