oleh

Pengisian Jabatan Sekda Tunggu Persetujuan Gubernur

Silampari OnlineĀ 

MUSI RAWAS- Sejumlah nama calon Penjabat Sekertaris Daerah (Pj Sekda) diusulkan oleh Bupati Musi Rawas (Mura), Hj Ratna Machmud ke Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) untuk mengisi kekosongan jabatan pasca EC Priskodesi menyatakan mundur.

Untuk diketahui, salah satu syarat untuk Pj Sekda yakni harus memiliki pangkat pembina tingkat I golongan IVB. Hal tersebut sesuai dengan Peraturan Presiden (Perpres) nomor 3 tahun 2018, dimana Bupati mengusulkan secara tertulis calon Pj Seksa kepada Gubernur yang nantinya Gubernur menyampaikan persetujuan atau penolakan terhadap calon Pj Seksa yang diusulkan bupati tersebut.

“Saya sudah serahkan semuanya ke Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), terkait hal tersebut. Begitu juga untuk nama yang diusulkan juga itu ke BKPSDM,”tegas Bupati, Kamis (27/5/2021).

Sementara itu, Pelaksana tugas (Plt) Kepala BKPSDM Kabupaten Mura, David Pulung menambahkan, dengan adanya pengunduran EC Priskodesi sebagai Sekda Kabupaten Mura. Maka selanjutnya akan diproses sesuai aturan yang ada yakni Perpres nomor 3 tahun 2018.

“Prinsipnya Bupati, Pemkab Mura berdasarkan surat pengunduran Sekda, nantinya Pemkab Mura akan meminta persetujuan Gubernur Sumsel sebagai perwakilan pemerintah pusat,”tutur David.

Untuk sementara ini lanjut dia, karena tidak bisa langsung di lelang, dengan pengunduran Sekda, maka akan diisi oleh Penjabat (Pj).

“Namanya sudah ada sendiri, banyaklah seluruh kita yang ada, mulai Asisten seluruhnya memenuhi sarat untuk menjadi Penjabat Sekda. Untuk siapanya, kita tunggu ya karena sekarang sedang proses ke Gubernur dan mudah-mudahan Gubernur segera memutuskan siapa yang disetujuinya. Persetujuan Gubernurnya kapan, nanti kita tindak lanjuti. Pak Sekda sepertinya masih bekerja. Jadi kita hargai,”pungkasnya. (Kris)