Pengobatan Gratis untuk Masyarakat Kurang Mampu

<small> <div style="text-align:right;">FOTO : ISTIMEWA</div></small> <strong>AUDIENSI :</strong> Bupati Muratara, H M Syarif Hidayat menggelar audiensi bersama Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel dalam upaya pemantapan program Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN KIS) di Kabupaten Muratara.

Silampari Online,

MURATARA – Dalam upaya pemantapan program Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN KIS) di Kabupaten Muratara, Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel menggelar audiensi bersama Pemkab Muratara.

Muat Lebih

Pertemuan yang di kediaman Bupati Muratara tersebut juga dihadiri perwakilan BPJS Kota Lubuklinggau, Kepala Dinas Kesehatan Muratara, Direktur RSUD Rupit, serta Kepala UPT Puskesmas se Kabupaten Muratara, kemarin.

Kepala Dinas Kesehatan Muratara, Ilyas Daud menyampaikan, pertemuan tersebut dalam rangka pemantapan program pengobatan gratis JKN KIS bagi masyarakat Kabupaten Muratara yang telah berjalan per 1 Januari 2019.

“Pertemuan ini pemantapannya saja, kalau programnya sudah berjalan sejak tanggal 1 Januari 2019, sekarang masyarakat Muratara akan mendapatkan pelayanan pengobatan gratis,” ujarnya.

Namun kata Ilyas, pengobatan gratis tersebut hanya diperuntukkan bagi masyarakat yang kurang mampu. Sementara bagi masyarakat yang mampu harus mendaftarkan JKN KIS ke kantor BPJS dengan iuran setiap bulan.

“Untuk masyarakat yang kurang mampu, cukup membawakan persyaratan KTP dan KK serta dilampirkan surat keterangan tidak mampu dari kepala desa, mereka akan di daftarkan ke JKN KIS yang dibiayai oleh APBD Kabupaten Muratara,” jelasnya.

Dikatakan, program pengobatan gratis ini merupakan tindak lanjut dari Peraturan Presiden Nomor 82 tahun 2018 tentang jaminan kesehatan bagi masayakat, baik yang mampu maupun tidak mampu.

“Untuk saat ini kita masih fokus sosialisasi ke OPD, kedepannya ke perangkat desa agar dapat mencapai target pengguna JKN KIS sebanyak 95 persen, dan sekarang Muratara telah terdaftar 55 persen pengguna JKN KIS,” imbuhnya.

Sementara itu, Bupati Muratara, H M Syarif Hidayat mengatakan, Pemerintah Kabupaten Muratara mendukung penuh program JKN KIS yang telah dicanangkan oleh pemerintah pusat melalui BPJS Kesehatan di Kabupaten Muratara.

“Sesuai dengan visi misi kami, masyarakat Kabupaten Muratara harus sehat, pemerintah berkewajiban menjamin kesehatan bagi masyarakat, terutama yang kurang mampu, melalui dana APBD yang berasal dari rakyat untuk rakyat,” katanya. (KHS-01)