Satu Untuk Semua

Pengurus OSIS Ikuti Diklat

Silampari Online,

LUBUKLINGGAU- Sebelum dilantik, 56 pengurus OSIS SMP Negeri 8 Lubuklinggau mengikuti pendidikan dan pelatihan (Diklat) selama dua hari 15-16 September 2018.

Kegiatan yang dilaksanakan pihak sekolah tersebut dalam rangka memberikan pengetahuan dasar mengenai peran tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) OSIS.

“Sudah jadi agenda rutin, sebelum dilantik pengurus OSIS yang baru kita berikan diklat terlbeoh dahhulu, agar mereka tahu apa yang akan mereka lakukan selama kepengurusan mereka nanti,” kata Kepala SMPN 8 Lubuklinggau Niswanti melalui Pembina OSIS Ujang Kaidin, kepada Harian Silampari Sabtu (15/9).

Acara tersebut dibuka oleh kepala sekolah diwakili Waka Kurikulum Yulia, yang sekaligus memberikan materi tentang kepemimpinan. Tambah Ujang, selain kepemimpinan ada 6 materi lain yang diberikan yakni Kebijakan tentang kesiswaan, Keorganisasian, Pengenalan OSIS dan perangkat nya, Tehnik rapat dan persidangan, Dinamika kelompok dan diskusi serta Penyusunan program kerja.

“Materi materi yang kita sampaikan merupakan hal hal dasar yang mesti diketahui pengurus OSIS, dan akan menjadi panduan mereka dalam bertugas nantinya,” ujar pria yang pernah menjabat Ketua DPC GMNI Lubuklinggau ini.

Masih kata Ujang, Dalam upaya mengenal, memahami dan mengelola OSIS, diperlukan kejelasan mengenai pengertian dan peranan tentang OSIS itu sendiri. Sehingga dengan pengertian dan peranan yang jelas, akan membantu para pengurus OSIS, pembina, dan perwakilan kelas untuk mendayagunakan OSIS, sesuai dengan fungsinya.

“Guna menunjang peranan pengurus OSIS maka perlu ditumbuhkan sifat-sifat kepemimpinan. Oleh karena itu perlu disampaikan pula dalam sebuah pelatihan dasar bagi pengurus OSIS tentang materi kepemimpinan,” akunya.

Pembekalan Diklat merupakan media untuk mendidik dan menyiapkan calon-calon pemimpin muda yang enerjik dan punya stamina berkegiatan yang tinggi. Selain itu Diklat diwajibkan untuk diikuti oleh semua pengurus OSIS agar mendapatkan bekal pengetahuan berorganisasi yang baik dan menanamkan kepercayaan diri bisa dan sanggup memikul amanah organisasi.

“Kita berharap pengurus OSIS tahun ini, dapat memberikan sumbangsih yang baik bagi sekolah, misalkan dengan program kerja yang menghasilkan prestasi,” harapnya.

Untuk pelantikan sendiri, ke 56 pengurus OSIS ini dilantik pada hari ini, Senin 17 September 2018 langsung oleh kepala sekolah. (HS-02)

Komentar
Loading...