Pengurus Pramuka Kwarcab Empat Lawang Dilantik

LANTIK : Prosesi pelantikan pengurus Kwarcab Pramuka Kabupaten Empat Lawang, dalam suatu upacara pelantikan di lapangan upacara Pemkab Empat Lawang, Senin (30/9). Foto : Fahrurozi/HS.

SILAMPARI ONLINE, EMPAT LAWANG – Bupati Empat Lawang, H Joncik Muhammad dan Wakil Bupati Empat Lawang, Yulius Maulana masing-masing dilantik menjadi Ketua dan Wakil Ketua Pengurus Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Empat Lawang, masa bakti 2019-2023. Sementara Sekda Empat Lawang, H Edison Jaya dilantik menjadi Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Empat Lawang, untuk priode yang sama.

Pelaksanaan pelantikan struktural pengurus Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Empat Lawang, ini dilaksanakan dalam suatu upacara pelantikan di lapangan upacara Pemkab Empat Lawang, yang dihadiri Wakil Ketua Bidang Kehumasan, Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Sumatera Selatan, H Rusli Nawi, Senin (30/9/2019).

Muat Lebih

Bupati Empat Lawang, H Joncik Muhammad dalam sambutannya mengatakan, gerakan Pramuka merupakan jalur pendidikan non formal yang tidak dapat dipisahkan dari sistem pendidikam Nasional dan merupakan kesinambungan gerakan kepanduan Indonesia pada masa lampau.

“Gerakan ininbertujuan menumbuhkan tunas bangsa yang memiliki kepribadian, berwatak dan berbudi luhur, memilki kecerdasan dan keterampilan yang tinggi, sehat jasmaninya serta bermanfaat bagi lingkungan masyarakat di sekitarnya,” urai Joncik.

Disampaikannya, kemajuan gerakan Pramuka di Indonesia, tak lepas dari upaya yang tidak mengenal lelah dari pendiri gerakan Pramuka itu sendiri. “Tantangan bagi gerakan Pramuka kedepan, tentunya sangatlah berat. Salah satunya bagaimana menjadikan gerakan Pramuka menjadi kegiatan ekstrakurikuler di sekolah yang diminati dan digemari oleh para pelajar kita, sehingga mereka secara sukarela mau menjadi anggota Pramuka aktif di sekolahnya,” terang dia.

Sementara itu, Wakil Ketua Kwartir Daerah Sumsel, H Rusli Nawi mengatakan, gerakan Pramuka di Kabupaten Empat Lawang, selama ini tenggelam dalam artian tidak begitu tampak keaktifannya dibandingkan kabupaten/kota lain.

“Mudah-mudahan, dengan kepengurusan yang baru, ada spirit baru bagi Pramuka di Kabupaten Empat Lawang, kedepan,” harap Rusli dalam sambutannya.

Sebagai bentuk semangat itu kata Rusli, jika di kabupaten/kota lain, pelantikan pengurus kwartir cabangnya, hanya dihadiri bupatinya saja, namun di Kabupaten Empat Lawang, semangatnya terlihat karena seluruh unsur Muspida semuanya hadir di sini. “Insyaallah, semangat ini akan saya sampaikan ke Gubernur Sumatera Selatan, agar dapat menjadi panutan bagi daerah lain,” ucapnya.

Diapun menceritakan, pernah saja dalam suaktu waktu yang lalu, sekitar 2015, kontingen Jambore Nasional asal Kabupaten Empat Lawang, terpaksa kembali lagi ke Empat Lawang, padahal kontingen itu sudah di Palembang dan siap berangkat mengikuti Jambore Nasional. Penyebabnya karena ketiadaan biaya yang dikirim dari Empat Lawang.

“Saat itu satu-satunya kontigen asal kabupaten di Sumsel yang tidak berangkat. Namun kini saya yakin, Pramuka di kabupaten ini kedepan akan lebih giat dari yang lama,” katanya optimis. (HS-05)