oleh

Penuhi Harapan Warga, Pemdes Dharma Sakti Bangun Drainase dan Plat Deucker

Silampari Online 

MUSI RAWAS- Guna mencegah terjadinya banjir yang masuk kerumah warga, Pemerintah Desa (Pemdes) Dharma Sakti melakukan titik nol pembangunan drainase dan plat deucker. Sehingga, dengan dibangunnya fasilitas ini maka keresahan warga akan air yang masuk kerumah warga selama ini ketika turun hujan tidak kembali lagi terjadi.

Pembangunan drainase dan plat deucker ini ini menggunakan Dana Desa (DD) ditandai dengan titik nol oleh Pemdes Dharma Sakti yang dikomandoi Pjs Kepala Desa (Kades) setempat dan disaksikan Camat Tuah Negeri diwakili Kasi PMD Tuah Negeri, Pendamping Desa, Babinsa, Perwakilan Polsek Muara Kelingi, BPD serta Perangkat Desa.

Pjs Kades Dharma Sakti, Kecamatan Tuah Negeri, Kabupaten Musi Rawas (Mura), Fauzi Achyat mengatakan untuk penggunaan DD tahap pertama tahun 2021 ini yakni disamping untuk bantuan langsung tunai (BLT). Maka pihaknya juga merealisasikannya untuk pembangunan fisik. Namun, sebelum pelaksanaan pembangunan maka terlebih dahulu dilaksanakannya titik nol.

“Titik nol ini merupakan proses awal sebelum pengerjaan pembangunan dilakukan,”jelas Fauzi kepada Silampari Online.

Dikatakannya, adapun pembangunan fisik direaliasikan 3 kegiatan yakni pembangunan drainase di Dusun III dengan panjang 217 meter dengan anggaran Rp130 juta,
plat deucker di Dusun II dengan ukuran 1×5 meter dengan anggaran Rp10 juta dan terakhir drainase di Dusun V sepanjang 74 meter dengan anggaran Rp45 juta.

Menurutnya, dalam pelaksanaannya pengerjaan nantinya dilakukan secara swakelola. Dimana, untuk pekerjanya melibatkan warga Desa dengan upah yang telah ditentukan sebagaimana dalam rencana anggaran pembangunan (RAB) nya.

Mengenai alasan pembangunan infrastruktur tersebut. Maka dirinya mengakui kalau drainase disamping sudah ada usulan warga karena ketika turun hujan terjadi genangan air dan menyebabkan masuk kerumah warga. Sehingga, dengan begitu maka menjadi skala prioritas. Termasuk, plat duecker banyak genangan air ketika hujan turun.

Terlepas dari itu, dirinya berharap dengan adanya pembangunan infrastruktur ini dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat secara luas serta menunjang kelancaran aktifitas warga sehari-hari sebagaimana yang telah diusulkan dalam Musyawarah Dusun (Musdus) dan Musyawarah Desa (Musdes).

“Saya mengajak warga ayo kita jaga fasilitas Desa yang telah dibangun agar jangan sampai mudah rusak dan pemanfaatannya dapat lama dilakukan,”imbunya.

Sementara itu, Camat Tuah Negeri, Kabupaten Mura, Christiandi Argani melalui Kasi PMD, Abdul Fahmi Rizal menjelaskan bahwa dalam pemanfaatan DD pihaknya telah melakukan pendampingan untuk mengarahkan agar dalam penggunaan sesuai dengan juknis yang ada serta skala prioritas kebutuhan masyarakat Desa. Sehingga, dengan begitu kucuran bantuan yang bersumber dari APBN ini dapat tepat sasaran dan bisa dirasakan warga manfaatnya. (Kris)