oleh

Penyebab Potensi Konflik Pilkada Linggau

-Tak Berkategori-242 Dibaca

Silampari Online

LUBUKLINGGAU – Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Lubuklinggau Mirwan mengatakan ada beberapa hal yang bisa menyebabkan konflik dalam pilkada di Lubuklinggau.

Seperti menyangkut netralitas dan professional penyelenggara serta Aparatur Sipil Negeri (ASN), money politik dan penyebaran Hoax.

Hal itu diungkapkanya saat memberikan sambutan ketika pelantikan antar Waktu anggota Panwascm Timur I di Sekretariat Panwaslu Lubuklinggau Jl Ahmad Yani Kelurahan Megang Kecamatan Lubuklinggau Utara II. Kamis (5/4).

Bahkan Mirwan pun mengajak untuk ikut mengawasi KPU sebagai penyelenggara, menurutnya, KPU selain sebagai Mitra, tetap juga diawasi untuk memastikan kenetralan.

“Kita juga mesti pastikan KPU harus betul betul sebagai penyelenggara yang netral,”ungkapnya.

Lebih lanjut ujar pria berkepala plontos tersebut, pemicu konflik lainnya yakni adanya money politik dilakukan pasangan calon. “Kita Panwas mesti bersama sama untuk mengawas ekstra ketat dan kompak, jangan sampai paslon ada main money politik,”tegasnya.

Selanjutnya, Mirwan juga menyinggung kemajuan media sosial dimana saat ini, dijadikan tempat penyebaran informasi palsu atau HOAX. Menurutnya, HOAX sangat berbahaya bagi masyarakat yang membaca. Karena HOAX dibuat untuk mempengaruhi masyarakat agar percaya.

“Dari hasil survei paling banyak yang menyebarkan HOAX yakni pengguna media sosial , makanya kita selaku penyelenggara untuk lebih aktif mensosilaisakn kepada keluarga dan masyarakat untuk menyaring dan jangan mudah percaya. Bahkan Hoax ini 90 persen lebih berkaitan dengan pilkada,”jelasnya.

Masih kata Mirwan, netralitas ASN, juga dapat berdampak positif bagi pelaksanaan pilkada. Meskipun ASN memiliki hak pilih, namun jika ASN tidak netral maka akan berdampak negatif. Apalagi ada sanksi bagi ASN dari ringan, sedang dan berat. Menurutnya ASN boleh menghadiri kampanye paslon untuk mendengarkan visi misi paslon. Namun dilarang untuk melakukan orasi.

“Sanksi bagi ASN ada ringan sedang dan berat.  Nah yang berat sampai pemberhentian, bahkan kita lihat di FB ada beberapa ASN kecenderungan memihak kepada Paslon, bila kita temukan akan kita proses sesuai aturan,”ungkapnya.(HS-09)

Tentang Penulis: admin

Gambar Gravatar
Harian Silampari merupakan nama daerah di Bumi Silampari yang memiliki tiga wilayah satu kota dan dua kabupaten di provinsi Sumsel