oleh

Penyusunan APBDes Banyak Belum Selesai

-Tak Berkategori-270 Dibaca

Silampari Online,

EMPAT LAWANG – Ternyata, belum selesainya penyusunan Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) di tingkat desa menjadi kendala dana desa untuk kabupaten berslogan Saling Keruani Sangi Kerawati belum dicairkan.

Hal ini disampaikan oleh Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPMDP3A) Empat Lawang, Bambang Irawan melalui Kabid Pemerintah Desa (Pemdes) Agusman Mulyadi didampingi Kasubid Pemdes Alpianto SH, Kamis (5/4).

“Banyak desa belum selesai menyelesaikan APBDes tingkat desa, bagaimana dana desa mau cair,” ujarnya.

Sebelumnya, Kabid Pemdes Agusman Mulyadi mengatakan, sampai saat ini belum ada desa yang melakukan pencairan dana desa namun sekarang kepala desa (Kades) masih mengurusi berkas pengajuan.

“Belum ada desa melakukan pencairan dana desa, kalau pengajuan pencairan sudah banyak berkasnya masuk, kalau sudah ada yang pencairan jelas kita tahu desa mana saja,” ungkap Agusman.

Ia sudah berapa kali menghimbau kepada Kepala desa untuk segera mengurus berkas dan menyelesaikan SPJ mengingat mekanisme pencairan dana desa tahun ini ada tiga tahap yakni 20 persen, 40 persen dan 40 persen.

“Bukan tidak kita sampaikan namun sudah sering dihimbau untuk mengurus berkas pencairan,” katanya.

□ Jaringan Komunikasi Bisa Dianggarkan di DD

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Empat Lawang, Zainul Arifin, berharap seluruh Kepala Desa (Kades) di Kabupaten Empat Lawang ini, menganggarkan pembangunan jaringan komunikasi.

“Sekarangkan ada Dana Desa (DD), tolong masukan anggran untuk jaringan komunikasi dan itu boleh karena salah satu Kabupaten di Jawa Tengah itu sudah memakai DD. Sudah menyediakan belanja jaringan Internet,” kata Zainul, Kamis (5/4).

Lanjut Zainul, pihaknya belum bisa berharap kepada masyarakat, tapi pihaknya akan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat Kabupaten Empat Lawang ini. “Kita belum banyak berharap kemasyarakat. Tapi kita yang akan memberikan yang terbaik kemasyarakat, untuk mengatasi Blank Spot ini, salah satunya membangun tower,” ujarnya.

Dijelaskan Zainul, jika sudah ada jaringan Internet, masyarakat tidak perlu menunggu Smart City (Kota Pintar).

“Misalanya mau lihat acara puncak HUT Empat Lawang, itu tidak perlu menunggu Smart City, kalau ada jaringan Internet bisa nonton puncak HUT Empat Lawang melalui Internet,” jelasnya.

Dirinya menghimbau kepada seluruh masyarakat Empat Lawang, agar tower-tower yang ada itu harus dirawat dan dijaga, karena itu untuk kebutuhan masyarakat itu sendiri.

“Kita perlu ya kita rawat, jadi tolong dijaga apapun itu dijaga, termasuk tower telkomunikasi, karena itukan bisa membantu kita,” tukasnya. (HS-04)

Tentang Penulis: admin

Gambar Gravatar
Harian Silampari merupakan nama daerah di Bumi Silampari yang memiliki tiga wilayah satu kota dan dua kabupaten di provinsi Sumsel