Perebutkan Berbagai Kategori Juara

DIKIR : Lomba Dikir tingkat SMP se-Kabupaten Empat Lawang di aula Hotel Kito Tebing Tinggi, Kamis (27/2/2020). Foto : Ardi Wira Tri Saputra/Silampari Online.

SILAMPARI ONLINE, EMPAT LAWANG – Dinas pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Empat Lawang menggelar lomba Dikir yang diikuti ratusan peserta siswa-siswi SMP se-Kabupaten Empat Lawang di aula Hotel Kito Tebing Tinggi, Kamis (27/2).

Bupati Empat Lawang, H Joncik Muhammad melalui Asisten 1, Indra Supawi menyampaikan, kesenian yang bernuansa islami ini salah satu visi/misi Bupati Empat Lawang untuk mewujudkan Empat Lawang MADANI,
Karena kesenian Dikir menjadi salah satu perhatian Pemkab Empat Lawang.

Muat Lebih

“Kesenian yang bernuansa islami ini harus dilestarikan, kalau tidak di lestarikan maka akan punah,” ungkapnya.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Empat Lawang, Dra Rita Purwaningsih melalui Kepala Bidang (Kabid) Kebudayaan, Veranita SE mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi siswa-siswi SMP yang mengikuti lomba ini, guna untuk menghidupkan kembali budaya yang ada di Bumi Saling Keruani Sangi Kerawati.

“Ya, kita sangat mengapresiasi begitu antusiasnya siswa-siswi yang mengikuti lomba ini, guna untuk mendidik generasi bangsa khususnya di Empat Lawang,” kata Vera.

Dilaksanakannya kegiatan ini, lanjut Vera, guna untuk memilihara, melestarikan dan membangun kesenian tradisional yang ada di Kabupaten Empat Lawang.

“Kita terus membina anak-anak muda yang ada, guna memelihara, melestarikan dan membangun kesenian tradisional di Empat Lawang,” ujarnya.

Diapun juga menambahkan, kegiatan ini diikuti oleh seluruh SMP di sepuluh kecamatan yang ada di Empat Lawang dan memperebutkan beberapa kategori juara.

“Kegiatan ini yang diikuti 247 Peserta dan dibagi menjadi 13 grup diacara lomba Dikir tingkat SMP memperebutkan piala. Yang dinilai kekompakan, keserasian dan penampilan yang nanti di nilai oleh pihak juri,” imbuhnya. (Ardi)