Peringati 1 Suro, Warga Bogor Sedekah Bumi

SILAMPARI ONLINE,

KEPAHIANG-Memperingati 1 Suro atau 1 Muharam 1442 H warga Desa Bogor Baru Kecamatan Kepahiang Kabupaten Kepahiang melakukan Tradisi Sedekah Bumi.
Warga bergotong royong membuat janur yang dihiasi aneka hasil bumi seperti Cabai, tomat, pisang, buah buhan dan sayur sayuran.
Tahun sebelumnya Desa ini tidak hanya membuat Janur setiap Kadus tapi ada juga warga yang membuat Tumpeng yang selanjutnya akan dimakan bersama sama.
Meskipun acara yang dilaksanakan tidak semeriah tahun tahun sebelumnya namun mereka tetap melaksanakan tradisi Tahunan yang sudah turun temurun sejak zaman nenek moyang. Hal ini dijelaskan Kepala Desa Bogor Baru Adi Kustian “Lantaran pandemi Covid ini kami menyelenggarakan kegiatan ini secara sederhana saja, sebagai bentuk rasa Syukur atas keberkahan hasil tani dan kesehatan warga masyarakat kami, karena hal ini sudah menjadi tradisi dari tahun ketahun sejak zaman nenek moyang” ungkap Adi
Kegiatan Sedekah Bumi desa Bogor Baru hari ini dilaksanakan tepat jam 12.00 Wib (20/08/2020) warga berkumpul di simpang 4 bogor baru membawa Janur dari Setiap kadus untuk selanjutnua aneka ornamen hiasan yang berupa sayur sayuran dan buah buahan direbut dan dibagi bagi kepada warga.
Tradisi tahunan turun temurun sebagai Wujud sukur dan kebersamaan meskipun tidak semeriah tahun tahun lalu dikarenakan Pandemi Covid 19.(Darul)