Perputaran Uang Meningkat 20 hingga 30 Persen

74
FOTO : AAN/HARIAN SILAMPARI
RAMAI : Suasana transaksi di BRI Lubuklinggau sebelum Pemilu, Selasa (16/4).
Advertisement

Silampari Online,

LUBUKLINGGAU – Momen pemilihan umum pada April ini, perputaran uang di wilayah Kota Lubuklinggau dan sekitarnya menunjukkan indikasi peningkatan arus uang keluar (cash outflow) dan aktivitas penarikan uang di perbankan meningkat.

Namun, peningkatan aktivitas penarikan uang itu tidak terlalu signifikan sekali. Ada kurang lebih 20 hingga 30 persen peningkatkan penarikan dari aktifitas normalnya.

Hal tersebut diungkapkan pinca BRI Lubuklinggau Yusniar melalui Asisten Manager Operasional BRI Lubuklinggau, Irfansyah kepada Harian Silampari, Jumat (19/4). ” Kurang lebih dua minggu kemarin mulai kelihatan peningkatannya, kurang lebih Rp.500 juta hingga Rp1 miliarlah,”ungkapnya.

Sebenarnya, kata dia masih taraf normal khusus BRI, karena nasabah BRI cukup banyak, dan penarikan tersebut dari murni tabungan nasabah.

Dirinya tidak bisa memastikan adanya peningkatan cash outflow sejak dua minggu lalu tersebut merupakan dampak dari adanya momen menjelang pemilu yang diperkirakan banyak uang beredar di masyarakat.

“Kalau dari angka, enggak kelihatan, tidak ada dampak dari momen politik. Kalau yang diasumsikan itu karena pemilu, tapi ternyata bukan. Memang penarikan tabungan meningkat. Tapi saya juga tidak tahu buat apa,”terangnya.

Jadi, sambung Irfan volume otomatis perbankan menyiapkan uang kas untuk memenuhi kebutuhan penarikan nasabah. Bank melakukan tambahan uang ke Bank Indonesia (BI).

“Biasanya atau normalnya kita mengajukan penambahan ke BI 4 hingga 5 kali dalam sebulan, sekarang bisa 7 sampai 8 kali dalam sebulan,”katanya.(HS-01)